Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Beserta Cara Membuatnya

"Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja? Berikut ini kumpulan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar agar lolos dan dilirik HRD."

13 min read
Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja – Berikut kami berikan beberapa contoh surat untuk melamar kerja yang bisa Kalian jadikan referensi dan dijadikan file doc. Surat lamran kerja sangat penting untuk semua orang dewasa guna melamar pekerjaan setelah lulus dari jenjang belajar ataupun untuk pindah ke perkejaan lain.

Tahap awal bagi seseorang yang akan melamar kerja adalah menuliskan surat lamaran dan CV riwayat hidup. Selebihnya seperti skill dan perlengkapan lain itu akan dinilai diakhir. Pertama yang diperhatikan oleh HRD/pemimpin perusahaan adalah surat lamaran, bila keseriusan dalam penulisan menjadi nilai plus. Oh ya, dalam melamar kerjaan jangan lupa lampirkan pula surat keterangan pengalaman kerja Kalian dari perusahaan tempat lama bekerja.

"Surat lamaran kerja merupakan surat yang sengaja dibuat oleh seseorang guna melamar suatu pekerjaan di salah satu perusahaan atau instansi tertentu sesuai pengalaman dan pendidikan yang dimiliki"

Di semua instanti perusahaan, meski jadi karyawan kontrak maupun tetap semuanya butuh surat lamaran kerja untuk mendaftar. Pastinya Kalian juga butuh kan? Terlebih file doc dan yang bisa di copy. Disini kami sediakan beberapa contoh surat lamaran umum yang dapat Kalian contoh di tulisan tangan, print file doc mapun pendaftaran kirim lewat e-mail.

Berikut kami berikan 11 contoh surat lamaran pekerjaan pilihan terbaik mulai dari yang sederhana, singkat, lamaran guru,contoh lamaran kerja bahasa indonesia hingga surat lamaran bahas inggris. Tentu saja kami juga berikan contoh surat lamran kerja untuk rumah sakit, pt, pabrik, toko dan lain-lain. Berikut ulasan contohnya.


Contoh Surat Lamaran Kerja Umum 2022

Surakarta, 17 Agustus 2022

Kepada YTH,
HRD Manager penerimaan pekerja
PT. Simentik Indonesia
Surakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang telah saya dapatkan dari website simentik.eu.org. Bahwa ada perekrutan menjadi staff pekerja di perusahan tersebut. Dengan ini saya sebagai orang yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Husni
Tempat, tanggal lahir : Surakarta, 29 Februari 1996
Alamat : Kampung Jeruk rt 5 rw 13, Jebres , Surakarta
No. Kontak : 0877-8348-0987
Pendidikan terakhir : D3 Teknik Informatik

Dengan ini bermaksud mengajukan surat permohonan bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin sebagai staff management informatika online.

Saya mempunyai keahlian dalam mengoperasikan aplikasi MS. Word, Excel, Office, website dan lain-lain yang mengenaiperangkat  komputer offline dan online.

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga akan lampirkan :

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Foto kopi KTP
  3. Foto kopi ijazah D3
  4. Foto kopi ijazah kursus
  5. Pas foto 4×6, 5 lembar

Denagan Surat permohonan kerja ini, saya menyatakan untuk bersedia bekerja sama dengan tenaga dan pikiran apabila diperlukan di perusahaan Bapak. Dengan harapan saya bisa melakukan test wawancara dan selanjutnya diterima sebagai staf pekerja di perusahan Simentik Indonesia.

Terimakasih,

Hormat saya,

ttd

(Muhammad Husni)


Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko 2022

Blitar, 08 Maret 2022

Kepada Yth,
Bapak/ Ibu
Pemilik Toko Busana Muslimah
di Tempat

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Bakda salam, sholawat nabi Muhammad SAW. Saya telah mendengar dari berita radio bahwa di Toko Busana Muslimah membutuhkan seorang karyawati. Untuk itu saya berminat untuk mendaftar sebagai pekerja di Toko yang Bapak/Ibu miliki. Dengan identitas saya sebagai berikut :

Nama : Ayu Setya
TTL : Blora, 18 Agustus 1998
Alamat : Dsn. Madu Rasa, Ds. Madu Jaya, Blitar
Sekolah terakhir : SMA
Pengalaman kerja : Pegawai di simentik Magetan Indonesia
Nomor HP : 0890-3456-6453

Dengan sadar dan tanpa paksaan saya bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawati di Toko Muslimah, Blitar. Saya mempunyai pengalaman kerja di pabrik dan saya akan mengusahakan kerja maksimal di Toko tempat Bapak/Ibu punya.

Saya harap Bapak/Ibu dapat menerima saya sebagai pekerja di Toko Busana Muslimah. Atas Perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Hormat saya,

  Ttd

( Ayu Setya ) 


Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Sukoharjo, 08 Februari 2016

Kepada yth :
HRD PT. Nusa Sejahtera
Jln. Bumi Retno No. 179C Sukoharjo
Hal : Lamaran Pekerjaan Karyawan

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari koran tentang adanya lowongan di pabrik yang tempat Bapak/Ibu  HRD pimpin. Maka melalui surat lamaran kerja ini saya ingin mengajukan diri untuk memohon lamaran sebuah pekerjaan yang ada di pabrik milik Bapak/Ibu. Guna mengisi posisi yang dibutuhkan di teknisi Pabrik.

Saya yang beridentitas nama dibawah ini :

  • Nama : Soedirman Said
  • Tempat/Tanggal Lahir : Sukoharjo, 12 Desember 1992
  • Jenis Kelamin : Laki-laki
  • Pendidikan : SMA
  • Alamat : Polokarto rt 03/05, Grogol, Sukoharjo
  • Telpon : 0892-3657-5867

Sebagai kelengkapan surat lamaran ini, saya cantumkan beberapa data pribadi saya yang sekiranya dapat menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan juga beberapa sertifikat dan ijazah diri sebagai berikut:

  1. Pas Photo 4×6 terbaru
  2. Foto copy KTP
  3. Daftar riwayat hidup CV
  4. Foto copy ijazah SMA
  5. Foto copy SKHUN
  6. Foto copy Sertifikat PKL
  7. Sertifikat Magang di Simentik Group

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sadar sesuai data yang sebenarnya, atas perhatian serta kebijaksanaan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

___ttd____

(Soedirman Said)


Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Jakarta, 5 Mei 2022

Kepada Yth,
Direksi RS Simentik Waras
Jl. Kota Baru KM. 23 Jakarta Barat
Jakarta

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dengan identitas dibawah ini :

Nama : Niken Kurniasari
Tempat tanggal lahir : Jakarta, 25 Juni 1994
Jenis kelamin : perempuan
Agama : Islam
Pendidikan terkahir : D3 Apoteker
Status : Belum kawin
Alamat : Jl. Wahidin Husada no. 09, Marga Ratu, Jakarta Barat

Berdasarkan informasi yang telah saya peroleh dari rumah sakit setempat, bahwa di RS Simentik Waras bulan ini sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai Apoteker. Dengan surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran kerja guna menempati posisi tersebut. Saya mempunyai pengalaman yang cukup dan sertifikat pelayan terbaik di RS. UNS Solo, untuk menjadi pertimbangan dalam melamar kerja apoteker. Dan saya dapat bekerja secara individu maupun sebagai tim.

Sebagai bahan pertimbangan lain, saya juga mengajukan berkas sebagai berikut :

  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy Ijazah
  3. Foto copy Transkip Nilai
  4. Foto copy Kartu Kuning
  5. Foto copy SKCK
  6. Foto copy Pengalaman Kerja
  7. Foto copy Sertifikat RS. UNS
  8. Foto copy Surat Kempetensi
  9. Curiculum Vitae (CV)
  10. Pas foto terbaru 4×6 dan 3×4

Dengan harapan besar saya dapat mengikuti test praktek dan wawancara agar dapat menjelaskan kemampuan yang saya miliki secara detail. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

… ttd …
(Niken Kurniasari)


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Kotabaru, 16 Juni 2022

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
HRD PT Bank Simentik Indonesia
Jl. Ahmad Yani no.34
Kabupaten Kotabaru

Dengan Hormat,

Berdasarkan lowongan kerja resmi yang sedang di buka oleh pihak Bank Simentik Indonesia. Saya yang beridentitas berikut ini :

Nama                              : Ahmad Yudistira Yudayana

Tempat/Tanggal Lahir  : Barito Timur, 23 Oktober 1990

Alamat                            : Jl. Sukarno II no. 45, Bukit, Kotabaru

E-mail                              : Ahmad­[email protected]

Status                              : Menikah

Pendidikan Terakhir      : S1 Akuntansi

IPK                                    : 3.10

Menyatakan untuk mengajukan diri sebagai calon pekerja customer service di Bank Simentik Indonesia pusat Kotabaru. Saya lampirkan juga berkas terkait guna sebagai pertimbangan Bapak/Ibu HRD.

  1. Curiculum Vitae
  2. Fotokopi Ijasah S1 dan Transkip Nilai
  3. Fotokopi KTP berlaku
  4. Fotokopi Sertifikat Kursus
  5. Pas Foto Terbaru

Saya harap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberi kesempatan kepada saya melakukan test wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan kekurangan dan kelebihan saya sdengan perinci.

Demikian surat lamran kerja ini saya buat, atas perhatian dan ras hormatnya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Ttd
(Ahmad Yudistira Yudayana )


Contoh Membuat Surat Lamaran Pekerjaan 2022

Kepada Yth.
Bpk. Yohanes Susanto
Java Texindo
Surabaya

Dengan hormat.

Berdasarkan informasi yang telah saya dapat bahwa peerusahaan yang sedang Bapak pimpin membutuhkan karyawan. Karena itu saya berharap dapat mengisi posisi tersebut dan dapat bekerjasama di perusahaan Bapak.

Saya merupakan alumni dari Universitas Simentik Sejahtera Surabaya fakultas management economy pada tahun 2008. Saya adalah orang yang tekun, jujur, taat beragama dan tipe pekerja keras. Selain itu saya juga dapat aktif dan pasif dalam berbahasa inggris baik tulisan maupun lisan.

Bersama dengan surat ini saya melampirkan berkas-berkas yang merupakan syarat dan ketentuan dalam melamar kerja sebagai management marketing di perusahaan yang Bapak pimpin. Berikut berkas lampirannya : fotokopi KTP, fotokopi ijazah S1, transkip nilai, curiculum vitae, dan pas foto terbaru 4×6.

Besar harapan saya agar dapat bergabung dan bekerja di perusahaan Bapak. Saya akan berusaha semaksimal dengan kinerja skill dan pengalaman yang telah saya kuasai.

Atas perhtiannya saya mengucapkan terimakasih.

Surabaya, 23 Januari 2022.
Tertanda,

 

Riska Valentinus


Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Wonogiri, 1 Januari 2022

Perihal : Lamaran kerja

Kepada
Yth, Kepala SD Jamsaren 1
Jl. Adi Soemarmo
Boyolali

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
Dengan hormat,

Dengan ini saya membuat surat permohonan lamaran kerja yang bertujuan mengajukan diri menjadi seorang guru Seni rupa dan olahraga di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin, adapun data pribadi mengenai diri saya sebagai berikut :

Nama : Laila Nur Fauzia
Tempat dan Tanggal Lahir : Malang, 6 Desember 1992
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama: Islam
Pendidikan Terakhir : S1 Seni Rupa
Alamat : Karang Lawas rt 4 rw 1, Bukarejo, Wonogiri

Berdasarkan keterangan di atas, saya ajukan juga berkas identitas lain sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

Photo copy KTP
Photo copy ijazah terakhir
Photo copy transkip nilai
Photo copy SKCK
Pas Foto terbaru

Demikian surat lamaran ini saya buat sebenar-benarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Semoga Bapak/Ibu dat menyetujuinya dan memanggil saya untuk test wawancara.

Kemudian di lain hari Bapak/Ibu dapat menerima saya sebagai guru di SD Jamsaren 1 Boyolali. Atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu saya mengucapkan banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Hormat Saya,

………………….
(Laila Nur Fauzia)


Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Kepada YTH
Kepala Bagian Personalia
PT. Hotel Simentik
Jalan Husni Thamrin No. 109
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Setelah membaca iklan dari media sosial facebook yang memberitahukan bahwa jabatan kepala bidang keamanan di perusahaan yang Bapak pimpin telah kosong.

Saya telah menyelesaikan sekolah pengaturan sipil yang sederajat dengan sarjana di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dan juga saya telah mempunyai kemampuan dalam pengaturan bidang keamanan yang bersertifikat level nasional. Usia yang dinilai sangat produktif 30 tahun, saya telah berpengalaman menjadi wakil divisi keamanan di UMS juga.

Untuk itu saya mengajukan lamaran kerja di Hotel yang Bapak pimpin, sebagai petimbangannya saya ajukan berkas-berkas salinan surat dari kepolisian, ijasah terakhir, KTP, sertifikat ahli, dan foto terbaru.

Saya sangat menanti kesempatan wawancara dengan Bapak suapay dapat menjelaskan tentang planning saya bekerja sama dengan hotel Simentik. Atas kebijakan dan perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

…………
(Dimas Darmanto)


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

North City, June 17th 2022

Attention To,
Human Resources Department
Long Angeles Charity
St. Mac Huggles City no. 13
North City

Dear Sir,

Based on information at website www.infopedia,com. I have read your advertisement and found that your company charity is opening job for general consule. And I believe it is fit with my background educational as bachelor of law. This my following identity :

  • Name : Jhon Hosne Ollajuwon
  • Points, Date of Birth : North City, January 1st, 1993
  • Job : Special of General Consule

For completed some of the files needed for your asked, I attach the following that administrative paperwork, that I have:

Copy of My Experience of General Consule.

  • Copy of Job Consule Certificate.
  • Curriculum Vitae.
  • Recent New Photograph

Following that. I would by express my gratitude for your attention and I hope I could be part of your company. My accomplishments and qualifications are further detailed in the attached of resume. Thanks for your wisdom and your attention.

Sincerely,

 

( J. H. Ollajuwon )


Tips Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Menyodorkan surat lamaran kerja termasuk komponen utama dalam mendaftarkan diri untuk bekerja. Diterima dan dipanggil kerja di perusahan utnuk bekerja adalah cita-cita siapa saja yang sedang mencari pekerjaan.

Namun kadang kala pelamar kerja tidak mengetahui sama sekali bagaiman cara memikat pemimpin perusahaan dengan tulisan surat lamaran yang baik dan benar sesuai tata bahasa. Tujuannya tentu mendapat kerja sesuai harapan, tetapi butuh rayuan halus dan sopan pada awal mula berinteraksi yakni melelui surat ini.

Mendapat pekerjaan yang sesuai dan gaji yang telah didamba adalah sebuah harapan. Nah, berikut sekumpulan tips cara membuat surat lamaran kerja yang membawa kesuksesan Kalian memperoleh  pekerjaan sesuai keinginan. Berikut tipsnya contoh membuat lamaran kerja:

Baca Secara Teliti  Informasi Lowongan Kerja

Hal sederhana yang sering diabaikan. Membaca ketentuan dan persyaratan dengan teliti. Kemungkinan banyak pelamar yang ditolak karena kurang teliti dalam mengamati syarat pekerja yang dibutuhkan perusahaan/instansi.

Jadi, ketika Kalian benar-benar ingin melamar pekerjaan yang perlu diketahui detail persyaratan sebelum Kalian menuliskan surat lamaran. Teliti dalam hal perusahaan membutuhkan pekerja bidang apa? Skill yang harus dimiliki seperti apa?  Tingkat pendidikan dan syarat lain.

Penulisan Mengunakan Bahasa Baku  yang Baik dan Benar

Tulis surat lamaran menggunakan bahasa resmi formal sesuai EYD yang berlaku. Hindari penulisan kata gaul agar terlihat profesionalisme dan mempunyai rasa hormat. Jika Kalian menggunakan kata tidak baku, jangan harap Kalian diterima untuk bekerja.

Tulisan dan perkataanmu menunjukan siapa kamu, Jadi selalu bertulis dan berkatalah yang baik dan sopan

Perhatikan struktur dan penulisan surat lamaran kerja baku dan resmi dibawah ini.

Penulisan Surat Padat Singkat dan Jelas

Jangan bertele-tele dalam menjabarkan kata di surat lamaran. Dalam  surat tersebut perekrut pekerja hanya ingin tahu kejelasan surat mengenai keseriusan melamar dan informasi yang dilampirkan pelamar. Seperti tujuan surat kepada siapa, perihal surat untuk apa dan informasi mengenai pengirim surat.

Jadi perlu beberapa alur susunan untuk menuliskan informasi-informasi tersebut guna menjelaskan isi pokok surat. Berikut susunan urutan surat lamaran pekerjaan.

Susunan surat lamaran kerja

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
  2. Perihal surat, mengenai tertuju kepada siapa dan dimana
  3. Alamat lengkap yang di tuju.
  4. Salam pembuka/penghormatan.
  5. Isi tujuan penulisan surat.
  6. Biodata dan Berkas lampiran.
  7. Ucapan terimakasih.
  8. Salam penutup.
  9. Perhormatan, tanda tangan dan nama lengkap.

Terkadang surat lamaran ada yang butuh materai dibawah tanda tangan yang Kalian tuliskan, supaya ada perdata yang valid atas surat yang Kalian sampaikan.

Lampirkan Syarat dan Ketentuan yang Diajukan Perusahaan

Setelah surat lamaran kerja dan kemauan kerja ada, Kalian juga melampirkan berkas yang diminta pihak perekrut. Berkas yang biasa diminta antara lain :

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi ijazah terkahir
  3. Fotokopi KK
  4. Fotokopi SKCK
  5. Riwayat hidup
  6. Pas foto 4×6

Selain melampirkan beberapa berkas syarat dan ketentuan yang diinginkan perusahaan.Tambahan juga, tuliskan tentang skill keahlian yang telah Kalian miliki dan kuasai seuai bidang yang Kalian tuju di pekerjaan yang Kalian daftar. Kalian juga dapat memberikan lampiran tambahan seperti sertifikat terkait sebagai pendukung Kalian dalam penilaian diterima atau tidaknya di Perusahaan tersebut. Terkadang surat izin dokter, surat medical check up dan surat pindah kerja juga diminta untuk diajukan.

***

Demikian  contoh surat lamaran dan tips menulis surat lamaran kerja yang bisa kami tiluskan unutk Kalian sebagai contoh melamar pekerjaan yang Kalian impikan.

Posting Komentar