Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri Beserta Cara Membuatnya

"Contoh surat pengunduran diri kerja ini bisa jadi panduan kamu untuk bikin surat resign. Simak contoh dan cara membuatnya pada ulasan ini!"

10 min read
Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri – Langsung saja di kesempatan kemarin kita telah membahas tentang penulisan dan contoh surat lamaran kerja, semua hal terkait pelamar dalam melamar kerja telah diulas disana. Nah, untuk melanjutkan bagaimana sistem ketika Anda keluar dari pekerjaan?

Bukan hal yang mudah dalam penulisan surat pengunduran diri dari suatu kerjaan. Butuh alasan dan penulisan yang baik dan benar agar HRD/pemimpin perusahaan memberikan persetujuan atas hal tersebut. Butuh bahasa efektif dan mudah dimengerti untuk meluluhkan hati sang pembaca.

"Seberapa Penting Surat Resign Pengunduran Diri Itu?"

Meski bukan tergolong surat resmi namun masuk dalam kategori surat penting. Untuk memberi kabar terkait diri kita dan keadaaan yang terjadi agar tidak salah paham. Juga menjelaskan kelangsungan kontrak kita terhadap perusahaan. Yang terpenting menjaga keharmonisan antar belah pihak, pekerja dan pemilik tempat kerja.

Banyak juga surat dan berkas yang akan terkait ketika Anda penyodorkan surat resign. Dengan disetujuinya Anda akan bisa mendapatkan surat keterangan pengalaman kerja, sertifikat, pneghormatan dan uang saku bila ada dari pihak perusahaan.

Lalu bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar agar mudah disetujui oleh Perusahaan? Mari simak beberapa kumpulan contoh dan pembahasan cara membuat surat resign dibawah ini, dibaca dengan teliti dan cermat ya.

 

Contoh Surat Resign Pengunduran Diri Sederhana

SURAT PENGUNDURAN DIRI

 

Kepada
Yth. Pimpinan
Toko Kertas Mitra Solo
di Tempat

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Dengan Hormat,
Bersama dengan surat ini saya yang bernama :

Nama           : Muhammad Mustafa
Alamat         : Cemani RT 01 RW 01, Cemani, Waringenrejo, Sukoharjo

Melalui surat ini memberitahukan bahwa mulai hari ini bertekad untuk mengundurkan diri dengan menyangkut alasan pribadi rumah tangga yang membuat saya tidak dapat melanjutkan untuk bekerja di Toko Bapak.

Dengan surat ini juga saya ingin mengucapkan permohonan maaf atas kesalahan yang pernah saya perbuat baik disengaja maupun tidak disengaja kepada pihak manapun terkait di Toko yang Bapak pimpin.

Semoga Bapak dapat mengerti dan memaklumi dengan kondisi yang sedang saya alami. Atas perhatiannya saya mengucapkan Jazakumullahu khairan katsiron.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

 

Sukoharjo, 23 Juni 2018

 

Muhammad Mustafa


Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan

SURAT PENGUNDURAN DIRI KERJA

 

Kepada
Yth. HRD
PT. Wika Indonesia
di Tangerang

Dengan Hormat,
Bersama dengan surat ini saya yang beridentitas dibawah ini :

Nama     : Gabero Putra Andalas
Jabatan  : Pengawas Proyek Lapangan
Nomor   : PPL-23-0991

Secara resmi mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari bekerja di PT. Wika Indonesia. Surat ini saya buat dan ajukan karena adanya suatu masalah yang berhubungan dengan kesehatan diri saya yang mengharuskan saya untuk meninggalkan pekerjaan ini.

Bersama dengan surat ini pula, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk saya beberapa waktu lalu bekerja dan mengembangkan ilmu saya di Perusahaan yang Bapak pimpin. Terkait adanya salah salah tutur kata dan tindak tanduk saya memohon maaf untuk semua pihak. Saya juga berharap agar PT. Wika Indonesia dapat berkembang pesat dalam negeri maupun di luar negeri.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat semoga dapat menjadikan perhatian dan penjelasan untuk semua pihak terkait. Saya ucapkan terima kasih atas segala perhatiannya.

Tangerang, 3 Januari 2019

 

Gabero Putra Andalas


Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit Resmi

Makasar, 2 Januari 2019

Kepada
Yth. Kepala
PT. Shin Chan Group
di Jln. Raya Palopo Utara No.32
Makasar

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Shin Chan Group, berdasarkan surat Kontrak Kerja Bersama  mengenai karyawan dan undang-undang tentang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                   : Ferdinan Simaru
Departemen       : Kantor Utama
Jabatan                : Pelaksana Kerja Lapangan
No.  Karyawann : SCG-345-89

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Shin Chan Group dikarenakan sedikit kendala sakit pada organ dalam tubuh saya dan ingin fokus membangun bisnis mandiri.

Surat ini benar-benar saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial, tanpa ada paksaan dan maksud buruk. Saya berharap Bapak/Ibu dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas perhatian dan bantuan yang Bapak/Ibu berikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

Ferdinan Simaru


Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Guru 

SURAT PENGUNDURAN DIRI
No : 032/SMKN 2/PLP/VII/2018

Kepada
Kepala SMK Negeri 2 Palopo
Jl. Pahlawan Barat No. 25
Makasar

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama guru                   : Muhammad Yasin S.Pd
Guru Kelas                    : XI Teknik Mesin
Nomor Induk Pengajar : PTK-SH 794

Mengajukan surat pengunduran kerja dari SMK Negeri 2 Palopo, dengan alasan sebagain berikut:
1. ….
2. ….
3. ….
4. ….

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sadar tanpa paksaan dan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak Kepala Sekolah saya ucapkan terima kasih.

Palopo, 18 Juni 2019

 

(Muhammad Yasin S.Pd)


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Surabaya, 15 Desember 2019

Ibu. Hj. Suprihatin
Kepala Sekolah
SMA Al-Firdaus 3

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Dengan hormat,

Saya ingin menyampaikan bersama dengan surat ini, bahwa saya mengajukan pengunduran diri dari seorang guru pelajar SMA Al-Firdaus 3 Surabaya. Mulai tidak efektif dalam kegiatan belajar mengajar pada hari senin, 1 Januari 2020 dikarenakan saya harus melanjutkan study ke Universitas Tokyo, Jepang untuk melanjutkan S2.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang telah Anda berikan selama kurang lebih dua tahun terkahir ini. Saya sangat bersyukur atas bentuk kebaikan yang telah diberikan kepada saya selama di SMA Al-Firdaus 3 Surabaya.

Apabila berkenan untuk memberikan solusi guru pengganti, Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail [email protected],com atau melalui nomor Handphone di 0878-3579-7332. Saya dengan terbuka dan senang hati untuk membantu.

Semoga dengan adanya guru baru dan sistem yang baik SMA Al-Firdaus 3 dapat berkembang menjadi sekolah favorit dan disorot oleh masyarakat karena prestasinya.

Demikian surat pemberitahuan ini saya buat semoga dapat menjadi perhatian. Atas perhatiannya saya mengucap terima kasih.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Hormat saya,

 

Ulfah Zaenab


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

 

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Sebagai Anggota IRMAS yang baik, saya yang beridentitas dibawah ini :

Nama                       : Lukman Al Hakim
TTL                           : Jombang, 13 April 1995
Jabatan di IRMAS    : Wakil Ketua
Status                       : Belum Kawin
Alamat                     : Mertelu Rt. 07/14 Gang Kurma, Kali Sabuk , Kesugihan, Jombang
Telp                          : 0877 0456 0876

Melalui surat ini dengan sadar dan ikhlas saya menyatakan untuk mundur dari jabatan Wakil Ketua IRMAS masjid Mertelu. Dengan alasan akan menikah dan akan bertempat tinggal di rumah mertua. Demi menjaga roda organisasi, saya melapor dan menyerahkan kewenangan kepada pihak utama yaitu ke Ketua IRMAS dan jajarannya untuk mengerti dan memperhatikan hal tersebut.

Surat pernyataan pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya, Bila selama dalam berorganisa, saya memiliki banyak kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Saya berharap  seluruh jajaran IRMAS dapat memahami dan mengerti atas keadaan ini. Atas banyak perhatian saya mengucapkan jazakumullahu khairan katsiran.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

 

Yang menyatakan

(Lukman Al Hakim)


Surat Pengunduran Diri Pindah Sekolah 

SURAT PINDAH SEKOLAH
No : SLTP N 15/SPS_09/2019

Kepada
Kepala SLTP Negeri 15 Surakarta
Jl. Slamet Riyadi No. 12 Kota Surakarta

Dengan Hormat,

Menyatakan bahwa siswa yang bernama :

Nama siswa   : Dimas Efendi
Kelas              : VIII B
Nomor Induk : 2018-874

Mengajukan pengunduran diri untuk pindah sekolah dari SLTP N 15 Surakarta,

Dengan alasan
Orang tua Pindah rumah ke Jl. Komodor Halim Perdana Kusuma No. 4, Jakarta Timur.

Dan pindah ke sekolah
SLTP Duta Bangsa Jakarta Timur.

Dengan harapan
Dapat melanjutkan sekolah dan belajar lebih tekun.

Demikian surat pindah ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatiannya dari bapak dan ibu guru saya sampaikan banyak terima kasih.

Surakarta, 14 Juni 2019
Orang Tua/Wali Siswa                                                                           Mengetahui, Kepala Sekolah

 

(Suyatno)                                                                   (Budi Wiranto S.Pd)


Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Dalam menulis surat resign keluar kerja, Anda harus memberikan info yang valid. Agar tidak merugikan kedua pihak , perusahaan dan diri Anda sendiri. Untuk menulis secara baik dan benar perlu diperhatikan juga dari tujuan penulisan surat, alasan dan format yang akan diajukan. Mari kita simak beberapa cara menulis surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Alasan Menulis Surat Pengunduran Diri

Menentukan alasan yang tepat. Dengan tujuan apa Anda harus menentukan alasan? Agar perusahan merespon dengan cepat dan baik atas tindakan yang Anda lakukan. Karena sebagian orang berpikir bahwa orang yang keluar dari tempat kerja biasa disebabkan oleh faktor internal perusahaan yang tidak cocok dengan karakter orang tersebut.

Oleh karena itu pihak perusahaan ingin tahu penyebab keluarnya karyawan. Supaya ada perbaikan dari sektor dalam dan perbaikan dari sektor sumber daya manusia.

Bagaimanapun caranya, carialasan yang tepat dalam menulis surat resign. Alasan yang logis, formal dan dapat didewasakan. Berikut beberapa contoh alasan yang baik dalam membuat surat pengunduran diri.

  • Ingin melanjutkan karier di lain tempat
  • Untuk melanjutkan study
  • Memulai usaha mandiri atau start-up
  • Kondisi kesehatan yang tak mendukung bekerja
  • Ingin mencari pengalaman di perusahaan lain
  • Kurang sesuai dengan kontrak kerja yang ada
  • Kurang nyaman dengan sistem dan budaya yang ada di sekitar
  • Upah yang dinilai minim yang tidak lazim
  • Jangan sekali-kali resign karena ingin menjadi pengangguran

Struktur Surat Pengunduran Diri

Ada beberapa format yang harus diperhatikan dalam emnulis surat pengunduran didi. Berikut 3 rangka struktur menulis surat resign.

  • Lampiran

Tertulis di pojok atas kanan atau kiri surat formal. Dapat kita jumpai pula tanggal penulisan dan penetapan surat. Serta tujuan surat kepada instansi atau penerima surat dengan disertakan alamat.

  • Isi surat

Berisikan tulisan salam pembuka, nama terkait, isi surat yaitu pengunduran diri dengan alasan mengajukan pengunduran diri.

  • Penutup

Bisa juga Anda tambahkan doa, motivasi, dorongan untuk pribadi maupun perusahaan yang akan Anda tinggalkan, agar tetap terjalin keharmonisan meski tidak berada dalam kontrak kerjasama. Tak lupa pula beri nama terang dan tanda tangan pemegang surat.

Cukup simple dan tidak rumitkan prose pembuatan surat resign. Dalam pembuatan surat ini Anda juga dapat melampirkan kertas berbentuk surat yang intinya memintakan surat keterangan pengalaman kerja, yang bisa Anda gunakan untuk masa depan sebagai jenis sertifikat kerja.

Fungsi Surat Pengunduran Diri

  • Menentukan status pekerja/karyawan
  • Keluar secara baik dan terhormat
  • Untuk memutuskan kontrak kerja yang telah disepakati sebelumnya
  • Tidak ada yang merasa dirugikan
Posting Komentar