Apa Itu Surel? - Arti Surel (Email)

"Silahkan kunjungi postingan Apa Itu Surel? - Arti Surel (Email) untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

2 min read
Apa Itu Surel? - "Entah apa yang merasukimu? Hha.. hha..." Begitulah kata teman saya merespon ketika saya bertanya apa itu surel. Ternyata suret artinya email. Tapi ternyata, selain saya, banyak juga orang yang bertanya-tanya tentang apa itu surel.

Apa Itu Surel? - Arti Surel (Email)
Apa Itu Surel? - Arti Surel (Email)

Apa Itu Surel?


Surel adalah singkatan dari Surat Elektronik, sama saja dengan Email yang adalah singkatan dari Electronic Mail.

Mungkin bagi sebagian besar orang, surel sepertinya kata yang sangat asing, tak terkecuali bagi orang Indonesia. Padahal, asal kata surel berasal dari terjamahan email dari bahasa Inggris.

Hanya saja, baik di negara lain atau pun Indonesia sendiri, istilah email lebih populer dibandingkan dengan surel.

Berikut ini penjesalan surel artinya

  1. Surel adalah singkatan dari Surat Elektronik (Bahasa Indonesia)
  2. Email adalah singkatan dari Electronic Mail (Bahasa Inggris)
Dari penjelasan singkat tentang arti surel di atas, kita dapat melihat perbedaan antara email dan surel yang hanya terletak pada bahasa yang digunakan.

Jadi, surel adalah email dalam bahasa Inggris yang berguna dalam pengiriman surat secara elektronik. Namun seiring perkembangan teknologi, surel tidak hanya untuk mengirim surat elektronik, tapi juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Contohnya untuk mengirim file dan saat ini, banyak layanan yang membutuhkan email atau surel untuk bisa daftar di situs tersebut.

Contohnya saja saat daftar Telegram, Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya, kita harus memiliki alamat surel. Tapi ada juga layanan yang menjadikan surel opsional, artinya bisa bergabung tanpa perlu surel.

Apa yang kamu ketahui tentang surel?


Saat ini ada begitu banyak layanan yang menyediakan surel. Yang paling terkenal tentu saja email dari Google, yaitu Gmail. Selain Gmail, ada juga Yahoo, Hotmail, dan lainnya.

Contoh alamat surel

  • Lara4store@gmail.com
  • Lara4store@yahoo.com
Saat ini, banyak juga yang menggunakan suret bisnis dengan nama mereka sendiri. Contohnya
  • admin@admin.com
  • blog@admin.com

Cara Membuat Surel


Untuk membuat surel, bisa melalui Gmail yang saat ini paling populer digunakan untuk membuat surel. Kunjungi cara membuat gmail baru di postingan sebelumnya.

Dalam membuat Gmail, pastikan menggunakan nama yang terlihat profesional dan hindari menggunakan nama alay.

Cara Mengirim Surel

  1. Untuk mengirim surel di Gmail, bisa dengan mengklik tanda tambah.
  2. Kemudian mengisi alamat surel tujuan pada kotak to. 
  3. Dan mengisi subject (judul) sesuai dengan keterangan.
Dalam mengirim pesan via surel, pastikan menggunakan kalimat yang jelas dan langsung to the point. Dan sebisa mungkin buat janji dulu sebelum mengirim file terlampir karena banyak serangan virus komputer juga terjadi karena mendownload file pesan email yang berbahaya.

Tentang cara sopan dan baik dalam mengirim pesan surel, bisa lihat tipsnya dalam etika mengirim email dan chatting di media sosial

Demikianlah apa itu surel, arti surel dan penjelasannya. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar