Pengertian Laporan Keuangan disertai Contoh Pengaplikasian di Perusahaan

8 min read

Halo sobat Bang Ali Tutorial, kali ini saya mau share artikel akuntansi kembali mengenai pengertian Laporan Keuangan, kemudian beberapa contohnya juga akan saya ambil dari beberapa website yang terpercaya yang sudah masuk page 1 google tentunya juga beberapa artikel dari teman yang seprofesi Auditor internal. jadi Laporan keuangan itu menurut para ahli yaitu sebagai berikut :

1. PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN

  • Pengertian Laporan Keuangan menurut situs Jurnal.id

Laporan keuangan adalah sebuah catatan informasi keuangan suatu perusahaan dalam satu periode tertentu yang dapat digunakan untuk menggambarkan situasi kinerja perusahaan tersebut.

Mudahnya, laporan keuangan adalah dokumen penting berisi catatan keuangan perusahaan baik transaksi maupun kas.

Pembuatan laporan keuangan dilakukan dalam periode tertentu. Biasanya perusahaan membuat laporan keuangan ketika periode akuntansi perusahaan mereka memasuki akhir.

Periode akuntansi ini ditentukan oleh perusahaan masing-masing. Ada yang dilakukan setiap akhir tahun, ada juga yang dilakukan dalam beberapa bulan sekali.

Kebijakan perusahaan tentang periode akuntansi ini berbeda satu sama lain. Yang paling penting dari laporan keuangan adalah semua transaksi dicatat dengan akurat sehingga laporan keuangan memiliki perhitungan yang tepat.

Karena keuntungan perusahaan, kerugian, bahkan pembayaran pajak bergantung dengan laporan keuangan.

  • Pengertian Laporan Keuangan menurut situs accurate.id
Secara umum laporan keuangan adalah laporan yang berisi pencatatan uang dan transaksi yang terjadi dalam bisnis, baik transaksi pembelian maupun penjualan dan transaksi lainnya yang memiliki nilai ekonomi dan moneter.

Biasanya laporan ini dibuat dalam periode tertentu. Penentuannya ditentukan oleh kebijakan perusahaan apakah dibuat setiap bulan atau setiap satu tahun sekali, terkadang perusahaan juga menggunakan keduanya.

Laporan keuangan dibuat untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan secara keseluruhan. Sehingga para stakeholder  dan pengguna informasi akuntansi bisa melakukan evaluasi dan cara pencegahan dengan tepat dan cepat jika kondisi keuangan usaha mengalami masalah atau memerlukan perubahan.

Mengingat pentingnya hal itu, maka laporan ini harus dibuat dengan tepat, cermat dan diperlukan pertanggungjawaban yang diserahkan secara mutlak kepada orang berkompeten dibidangnya, seperti seorang akuntan.

Dia yang harus mempresentasikan laporan yang telah dibuatnya dengan detail di depan para stakeholder yang biasanya ini dilakukan pada saat evaluasi kinerja keuangan tahunan.

Jika melihat dari penjelasan di atas tentu bisa ditarik kesimpulan kalau pengertian laporan keuangan adalah laporan yang berisi data transaksi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Yang mana laporan tersebut harus dilaporkan dan dipertanggungjawabkan sebagai pembahasan evaluasi untuk perkembangan usaha ke depan.

  • Pengertian Laporan Keuangan menurut situs sen3ward.blogspot.com
Dalam situs Sen3ward.blogspot.com pengertian laporan keuangan masih bersifat teksbook yaitu pendapat para ahli akuntansi yang diterbitkan dalam buku akuntasi berikut ulasannya :

Banyak para ahli akuntansi yang mengungkapkan pendapatnya mengenai definisi laporan keuangan. Berikut adalah definisi akuntansi dari beberapa ahli akuntansi:

1. Menurut PSAK No. 1 (Revisi 2009: par 7) Laporan keuangan adalah suatu penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas. Tujuan laporan keuangan adalah memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas entitas yang bermanfaat bagi sebagian besar kalangan pengguna laporan dalam pembuatan keputusan ekonomi. Laporan keuangan juga menunjukkan hasil pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, laporan keuangan menyajikan informasi mengenai entitas yang meliputi asset, laibilitas, ekuitas, pendapatan dan beban termasuk keuntungan dan kerugian, kontribusi dari dan distribusi kepada pemilik dalam kapasitasnya sebagai pemilik, dan arus kas.

2. Menurut Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim, dalam buku Analisis Laporan Keuangan (2002:63), Laporan Keuangan adalah laporan yang diharapkan bisa memberi informasi mengenai perusahaan, dan digabungkan dengan informasi yang lain, seperti industri, kondisi ekonomi, bisa memberikan gambaran yang lebih baik mengenai prospek dan risiko perusahaan.

3. Laporan keuangan (financial statement analysis) menurut Soemarso (2006:430), adalah hubungan antara suatu angka dalam laporan keuangan dengan angka lain yang mempunyai makna atau dapat menjelaskan arah perubahan (trend) suatu fenomena.

4. Menganalisis laporan keuangan, berarti melakukan suatu proses untuk membedah laporan keuangan ke dalam unsur-unsurnya, menelaah masing-masing unsur tersebut, dan menelaah hubungan antara unsur-unsur tersebut dengan tujuan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman yang baik dan tepat atas laporan keuangan tersebut (Dwi Prastowo, 2002:52).

5. Menurut Sofyan S. Harahap, dalam buku Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan (2006:105), laporan keuangan adalah laporan yang menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan pada saat tertentu atau jangka waktu tertentu.

6. Menurut Munawir yang berjudul “Analisa Laporan Keuangan” menyatakan : “Laporan keuangan pada umumnya terdiri dari Neraca, Laporan Laba Rugi, dan Laporan Perubahan Modal atau Laba yang Ditahan, walaupun dalam prakteknya sering diikutsertakan beberapa daftar yang sifatnya untuk memperoleh kejelasan lebih lanjut. Misalnya, Laporan Perubahan Modal Kerja, Laporan Arus Kas, Perhitungan Harga Pokok, maupun daftar-daftar lampiran yang lain.”(2002:13)

Baik sobat akuntan, calon akuntan, calon auditor, calon pemilik perusahaan yang saya banggakan, jadi Laporan Keuangan itu secara simpelnya angka-angka yang terdiri dari hasil akhir dari sebuah usaha didalam perusahaan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari setiap transaksi keuangan.

2. JENIS JENIS LAPORAN KEUANGAN
Ada Banyak Jenisnya laporan keuangan, namun secara standar bisa di kategorikan sama yang digunakan pada perusahaan yaitu sebagai berikut :
1. Neraca
2. Laporan Laba Rugi
3. Laporan Perubahan Ekuitas
4. Laporan Arus Kas
5. Catatan Atas Laporan Keuangan

  • Neraca
Neraca adalah Laporan keuangan yang menggambarkan akun-akun transaksi dalam suatu periode yang terdiri dari ASSET = HUTANG + MODAL.

Aset Terbagi menjadi 2 yaitu Asset Lancar dan Asset Tetap.
Kata lain Asset adalah Aktiva ( Pengertian lain Asset = Aktiva)

Biar langsung paham yuk kita lihat contoh Neraca pada perusahaan manufaktur Alicyborg Pabrik Furniture (Nama Perusahaan hanya sebagai Contoh)


Yups sudah tergambar ya apa saja sih akun yang ada dalam Neraca.

Disisi Aktiva atau Asset saldo Normal pada posisi DEBET

AKTIVA LANCAR : aktiva yang bersifat liquid mudah di cairkan atau mudah untuk dijadikan uang atau dana untuk perusahaan.
Kas
Kas Besar
Bank
Piutang Dagang
Persediaan Barang Jadi
Persediaan Barang Dagang Trading
Persediaan Barang Dalam Proses
Persediaan Bahan Baku

AKTIVA TETAP : Asset perusahaan dan salah satu sarana pendukung Usaha berupa Tanah Bangunan, Kendaraan dan Peralatan.

Tanah
Bangunan
Akm Peny Bangunan
Kendaraan
Akm Peny Kendaraan
Peralatan Kantor dan Perabotan
Akm Peralatan Kantor dan Perabotan
Peralatan Pabrik
Akm Peralatan Pabrik

AKTIVA LAIN - LAIN : Aktiva ini bersifat tambahan akun yang tidak masuk dalam kategori aktiva lancar dan tetap, tentatif bisa ada bisa juga tidak ada dalam akun Neraca
Biaya Pra Operasi     
Beban Ditangguhkan  
Pinjaman Karyawan 

Disisi Pasiva = Hutang & Modal (saldo Normal pada posisi Kredit)

HUTANG DAGANG
Hutang Dagang MPF
Biaya Yang Masih Harus Dibayar
Kewajiban Lancar Lainnya (6%)
Pending

MODAL USAHA
Modal usaha
Cadangan Modal
Laba Ditahan 
Laba Berjalan s/d Bulan lalu
Laba bulan berjalan pada tahun berjalan
        Koreksi Laba / Rugi

Yups akun-akun ini secara garis besar ada pada laporan neraca mungkin beda perusahaan bisa ada perbedaan juga atas penamaan akun ata COA ( Chart of Account) atau daftar akunnya.

  • Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi (Inggris: Income Statement atau Profit and Loss Statement) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.

Biar langsung paham yuk kita lihat contoh Laporan Laba Rugi pada perusahaan manufaktur Alicyborg Pabrik Furniture (Nama Perusahaan hanya sebagai Contoh)


Yups sudah tergambar ya apa saja sih akun yang ada dalam Laporan Laba Rugi.


Penjualan adalah Hasil Usaha / Nilai Transaksi Jual Beli dalam satu periode akuntansi
Harga Pokok Produksi adalah Harga HPP Produksi Pengolahan pabrik Sofa (contoh nya)
Laba Kotor adalah Hasil Penjualan dikurangi HPP Produksi (Penjualan - HPP)
Biaya Operasi adalah Biaya-biaya yang timbul akibat aktivitas perusahaan
Laba Bersih adalah Laba Kotor dikurangi Biaya Operasi ( Laba Kotor - Biaya Operasi)
Laba Bersih Sesudah Pajak adalah Laba Operasi dikurangi Pajak.

Note karena di atas contoh untuk perusahaan non PKP sehingga tidak memasukan elemen pajak

Baca Juga Artikel Terkait :

Sekian Pengertian Laporan Keuangan kali ini semoga dapat membantu, mohon maaf untuk penjabaran 3 Laporan keuangan lainnya akan kami bahas pada kesempatan lain yaitu Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, Catatan Atas Laporan Keuangan. Kami menerima saran dan masukan untuk perbaikan setiap postingan di situs kami

Sumber :
situs Jurnal.id
situs accurate.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Laporan_laba_rugi
sen3ward.blogspot.com
Posting Komentar