Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Gerakan Janin Usia 5 Bulan

Gerakan Janin Usia 5 Bulan

Contoh Gerakan Janin Usia 5 Bulan - Saat kehamilan memasuki usia 5 bulan, umumnya Ibu hamil mulai bisa merasakan gerakan dari Janin. Sebenarnya Janin sudah bisa melakukan gerakan, bahkan sejak usia 12 minggu kehamilan.

Namun karena ukurannya yang masih kecil dan tebalnya dinding rahim, membuat Ibu hamil belum bisa menyadari gerakan yang dilakukan oleh Janin tersebut.

Di usia 5 bulan kehamilan atau rentang usia 21 hingga 24 Minggu kehamilan, Janin semakin berkembang dan semakin aktif melakukan beberapa gerakan yang mulai bisa Ibu hamil rasakan.

Tentu hal itu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri dan penyemangat bagi Ibu hamil.

Nah pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai contoh gerakan Janin usia lima bulan yang perlu Bunda ketahui.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Ibu Hamil


Contoh Gerakan Janin Usia 5 Bulan

Berikut beberapa contoh gerakan Janin usia 5 bulan yang akan dirasakan Ibu hamil agar lebih bisa dipahami.

1. Terasa seperti berdenyut

Diawal-awal usia 5 bulan atau 21 minggu kehamilan, Janin secara fisik kini sudah semakin berkembang dan menyerupai seperti bayi namun dengan ukuran yang masih kecil.

Karena ukurannya yang masih kecil tersebut, membuat Ibu hamil hanya akan merasakan gerakan Janin secara samar atau seperti adanya denyutan kecil yang datang dari dalam perut.

Meskipun masih berupa denyutan, namun Bunda tetap dapat menyadari jika itu adalah gerakan yang dilakukan oleh Janin.

2. Mulai menghisap jari

Sekitar usia 22 minggu kehamilan, Janin mulai mengembangkan sistem pencernaanya. Hal itu ditandai dengan Janin yang mulai menelan cairan ketuban.

Selain itu sistem indra Janin juga semakin berkembang, sehingga Janin mulai bisa menerima beberapa rangsangan seperti suara atau sentuhan yang datang dari luar.

Oleh sebab itu Bunda dianjurkan untuk sering memberikan stimulasi pada Janin dengan mengelus perut dan mengajaknya bercerita.

Di usia ini, Janin mulai bisa melakukan gerakan mengisap Ibu jarinya dengan indra pengecap yang mulai berfungsi. Gerakan itu merupakan salah satu hal yang bisa membuatnya merasa nyaman.

3. Melakukan gerakan aktif

Pada usia 23 Minggu gerakan yang dilakukan oleh Janin semakin aktif dan sering, Janin mulai menggerakkan lengan, jari tangan maupun jari kakinya.

Hal itu menandakan otot dan sistem sarafnya berkembang dengan baik, sehingga membuat Bunda semakin sering merasakan gerakan dari Janin.

Perkembangan Janin tersebut juga akan terlihat dari bentuk perut yang Bunda miliki, sebab badan Janin sudah memiliki berat sekitar 500 gram dan panjang sekitar 30 cm.

4. Tendangan dan pukulan kecil

Diakhir usia 5 bulan atau sekitar Usia 24 Minggu kehamilan, Janin memiliki berat sekitar 600 gram.

Ukurannya yang semakin membesar tersebut membuat Janin semakin sering melakukan gerakan yang bisa Bunda rasakan dengan lebih jelas.

Janin jadi lebih sering melakukan gerakan berupa tendangan dan pukulan, baik dari kaki atau tangan mungilnya.

Janin juga mulai mengembangkan sistem pernafasannya, sehingga Ibu hamil mulai bisa merasakan jika Janin sedang mengalami cegukan.

Pada usia ini keseimbangan tubuh Janin juga semakin baik, sehingga gerakan yang dilakukan juga akan lebih stabil dan kuat.

Baca Juga: Posisi Tidur untuk Ibu Hamil


Kesimpulan

Nah itu dia Bun pembahasan mengenai contoh gerakan Janin usia 5 bulan. Namun ingat, terasa atau tidaknya gerakan Janin tersebut bisa berbeda-beda pada setiap Ibu hamil.

Ada yang mungkin merasakan lebih cepat, namun ada juga yang merasakan lebih lambat.

Nah untuk memastikan apakah Janin sehat dan berkembang dengan baik, maka periksalah kehamilan Bunda secara berkala ya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Bun sekian...

Posting Komentar untuk "Contoh Gerakan Janin Usia 5 Bulan"