10 Tips Cara Mencegah Diabetes Yang Patut Kamu Ketahui

3 min read
cara mencegah diabetes

Diabetes atau kencing manis merupakan momok yang menakutkan ditengah masyarakat kita dan merupakan salah satu pembunuh pendiam yang paling umum di Indonesia. Informasi mengenai cara mencegah diabetes merupakan informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat luas.

Penyakit diabetes apabila didiamkan dalam waktu yang lama untuk jangka waktu yang lama akan sulit untuk disembuhkaan dan bisa menyebabkan kematian.

Saat ini penyakit diabetes tidak hanya menyerang orang tua saja. Untuk mereka yang berusia 20-40 tahun pun bisa terserang penyakit gula.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti makanan kurang serat, terlalu banyak minum gula, kurangnya aktivitas fisik serta olahraga ikut menyumbang semakin banyaknya anak muda yang terkena penyakit diabetes ini. Tetapi tidak usah takut, berikut ini kita akan membahas beberapa cara mencegah diabetes yang bisa kamu lakukan.


10 Tips Cara Mencegah Diabetes

1. Berhati-hatilah dengan perut buncit kamu, karena itu bisa jadi sebagai awal penyakit diabetes

Lemak perut bisa jadi salah satu sumber banyak penyakit, salah satunya dalah diabetes. Coba kamu perhatikan perut kamu dan hitunglah lingkar perutmu. Lingkar perut yang ideal untuk seorang wanita adalah tidak boleh lebih dari 80 cm dan untuk seorang pria tidak boleh leboh dari 90 cm.

Apabila kamu bingung mengukurnya, cobalah gunakan jengkal tangan kamu. Usahakan lingkar perut kamu tidak boleh lebih dari empat jengkal tangan, karena bila lebih dari itu bisa menjadi bahaya dari pemyakit diabetes.

2. Bagi Kamu Yang Memiliki Kelebihan Berat Badan, Berusahalah Untuk Menguranginya secara pelan-pelan.

Salah satu dari penyebab penyakit diabetes yang paling banyak dijumpai dalah dikarenakan kelebihan berat badan, prosentasenya bisa mencapai 80%.

Bagi orang dewasa yang mengalami kegemukan, sebaiknya berusaha mengurangi berat badan mereka sebesar 16% agar terhindar dari resiko diabetes. Jadi, usahakanlah agar berat badan kamu dalam kisaran yang normal.

3. Kamu terlalu banyak minum teh manis, sebaiknya ganti dengan air putih mulai sekarang

Meminun teh manis dengan es batu di tengah-tengah cuaca yang pasa memang terasa segar. Tapi tahukah kamu didalam segelas teh manis terdapat bahaya berupa 300 kalori, padahal dalam sehari-hari kita hanya membutuhkan 2000 kalori saja.

Kamu bisa bayangkan apabila dalam sehari kamu meminum 2 gelas teh manis, berapa kalori yang masuk kedalam tubuh?. Daripada banyak minum teh manis sebaiknya mulai sekarang rajin meminum air putih.

4. Doyan makan boleh saja, tetapi cobalah terapkan porsi makan yang cukup

Tips cara mencegah diabetes yang ke-4 ini mengajak kamu agar setiap kali ingin makan cobalah menyeleksi makanan mana yang baik bagi tubuh kamu. Terapkan juga aturan makan kamu, makanlah sehari 3 kali dan jangan makan yang berlebihan. Apabila kamu tipe orang yang gampang lapar, aturlah makananmu dalam porsi kecil-kecil.

5. Biasakan selalu menambah porsi makanan berserat didalam piring kamu

Untuk kesehatan kamu sehari-hari, serat sangat penting bagi kesehatan tubuhmu. Seratlah yang selama ini  berfungsi sebagai perangsang aktivitas usus didalam mengeluarkan kotoran yang berada didalam tubuh. Serat bisa didapatkan dari sayuran maupun buah-buahan.

Usahakan selalu menambah porsi sayur-sayuran dan buah-buahan didalam makanan kamu. Apabila kamu tidak meyukai sayur-sayuran, kamu bisa membuatnya dalam bentuk jus dicampurkan dengan makanan kesukaan kamu.

6. Makanan yang kekinian terlihat lucu dan enak, tapi apakah makanan tersebut sehat untuk tubuh kamu?

Banyak makanan yang unik, lucu dan menggiurkan dijual di instagram ataupun pada saat pameran. Walaupun terlihat sangat enak, tapi jangan sampai kamu melupakan sisi kesehatan kamu.

Terlebih lagi apabila makanan tersebut merupakan makanan manis dan mengandung gula. Makanan yang menagndung gula berlebihan berbahaya bagi tubuh, karena bisa menyebabkan kerusakan pada jantung, kanker, penuaan dan tentunya menjadi penyebab dari sakit diabetes.

7. Apabila kamu perokok, segera matikan rokokmu!

Saat ini banyak kalangan muda yang melakukan kebiasaan merokok. Menghisap nikotin memang bisa memberikan efek menenangkan, tapi apabila sering dilakukan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Kebiasaan merokok ternyata bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan hormon pengatur kadar gula dalam darah. Sebaiknya segera matikan rokokmu dan tinggalkan kebiasaan merokok tersebut.

8. Jangan terlalu banyak duduk! Lakukan olahraga sebagai cara mencegah diabetes

Bagi kamu yang seorang karyawan dan bekerja di kantoran, membuat kamu menjadi melupakan banyak hal, termasuk malas untuk bangit dari tempat dudukmu yang sekarang. Padahal salah satu penyebab diabetes dikalangan anak muda adalah kerena seseorang yang jarang bergerak dan melakukan gerakan olahraga.

9. Jika didalam keluarga kamu ada garis keturunan mengidap sakit diabetes, kamu harus dobel waspada

Salah satu faktor penyebab diabetes adalah keturunan, semisal kamu memiliki orang tua dengan riwayat penyakit diabetes atau keturunan diabetes, segeralah waspada, karena kamu akan lebih berisiko untuk terkena penyakit diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki garis keturunan penyakit diabetes didalam keluarganya.

10. Jangan malas untuk ke dokter melakukan cek gula darah

Gula darah adalah keberadaan gula atau zat glukosa didalam darah. Kadar gula yang normal sangat penting bagi kinerja dan kesehatan tubuh. Namun akan berbeda apabila kadar gula dalam darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Untuk mengetahuinya kamu bisa melakukan checkup kadar gula darah ke dokter.

Demikian 10 tips cara mencegah diabetes yang bisa kamu lakukan. Marilah kita cegah diabetes diusia muda dengan mulai mengubah gaya hidup kamu. Pada dasarnya semua penyakit yang menyerang tubuh kamu adalah akibat dari kelalaian diri kita sendiri didalam menjaga kesehatan.

Posting Komentar