Tabel Perkalian 1 Sampai 10 Berwarna (Download)

"Perkalian 1 Sampai 10 Lengkap dengan Tabel Perkalian, Cara cepat menghafal perkalian 1 sampai 20 dengan trik jari, tabel perkalian lengkap"

5 min read

Perkalian 1 Sampai 10 Lengkap dengan Tabel Perkalian - Saat masih duduk di bangku SD, menurut saya perkalian adalah salah satu tantangan sendiri. Misalnya saja, perkalian 1 sampai 10 yang harus dihafal di depan teman-teman satu kelas. Dan di SMA, kami pun pernah mendapat tes perkalian 1 sampai 10 ini. Dan ada yang tidak lulus.

cara cepat menghafal perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 Sampai 10 Lengkap dengan Tabel Perkalian

Perkalian memang sangat penting. Dalam Matematika yang cukup menakutkan dan cenderung dihindari oleh anak sekolah, sebenarnya hanya ada 4 dasar membongkar rahasia Matematika dasar, yaitu menguasai penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.

Pada kesempatan ini, Profma ingin berbagi kenang-kenangan dari masa SD. Sebuah benda antik dan berharga di zaman Profma sekolah dasar dulu.

Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 Sampai 10 (Download Tabel Perkalian Berwarna)

Jujur, masa SD beberapa tahun silam sangat berbeda dengan saat ini. Jika dulu kami siswa SD akrab dengan tabel perkalian 1 sampai 10 yang terpajang rapi di dinding kelas atau kamar, saat ini hampir tidak ada lagi tabel perkalian seperti ini.

tabel perkalian 1 sampai 10

Tabel Perkalian 1 Sampai 10 - Profmatematika.com

Sayangnya, bukan karena semua perkalian dari 1 sampai 10 sudah di luar kepala. Bukan. Namun karena proses berhitung siswa-siswa zaman now yang lebih mudah dan cepat bahkan sangat akurat dengan kalkulator. hho.. hho... 

Tapi tidak masalah. Hidup zaman ini menuntun manusia harus pandai-pandai memanfaatkan teknologi. 

Dan bagi kamu yang butuh tabel perkalian berwarna, berikut Profma sajikan tabel perkalian 1 sampai 10 lengkap.


Tabel Perkalian 1 sampai 10 Berwarna

Jika kamu sudah menguasai perkalian 1 sampai 10 maka semua perkalian bisa kamu tahu. Sebenarnya yang penting dari perkalian adalah konsep perkalian itu sendiri.

Contohnya 4 x 3 sama saja dengan 4 + 4 + 4 = 12.

Begitu mudah dan sederhana konsep perkalian dasar untuk anak SD. Namun untuk bisa belajar perkalian dengan cepat dan menyenangkan, pastikan kita sudah belajar penjumlahan dan pengurangan terlebih dahulu.

Setelah itu, processor otak kita akan lebih mudah mengolah perkalian-perkalian dasar seperti 1 sampai 10 tanpa perlu kalkulator.

Untuk lebih jelasnya, berikut tabel perkalian lengkap 1 sampai 10.

tabel perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 Sampai 10 Lengkap dengan Tabel Perkalian

Meskipun bagi sebagian anak SD tabel perkalian sudah ketinggalan zaman, tapi fungsinya tetap sama dan sangat membantu dalam belajar berhitung Matematika, secara khusus perkalian.

Kok hanya perkalian 1 sampai 10? Kenapa bukan perkalian 1 sampai 20 atau sampai 100? Pelajari dasarnya lebih dulu. Dan ada beberapa trik cepat menghafal perkalian. Misalnya perkalian angka 9, perkalian angka 6 sampai 10 dan perkalian 11 dan lain-lain.

Lihat juga Rumus Rubik 3x3


Tips Belajar Perkalian 1 sampai 10

Bagaimana belajar perkalian 1 sampai 10 yang menyenangkan?

Pertama-tama, belajar berkelompok bisa menjadi solusi hebat bagi kamu yang malas belajar. Setelah itu, kamu bisa melihat tabel perkalian di atas dan mengajukan pertanyaan kepada temanmu. Seberapa cepat kalian dapat menjawab.

Agar dapat menguasai perkalian kamu juga sebaiknya memahami penjumlahan secara mendalam. Misalnya saja, kita tahu bahwa 8 x 3 = 24, maka 8 x 4 = 24 + 8 = 32.

Selain itu, ada baiknya kamu mempelajari cara cepat perkalian menggunakan jari. Di lain kesempatan, Profma akan menjelaskan tentang perkalian dengan jari ini.


Cara cepat menghafal perkalian 1 sampai 10

Seperti yang saya katakan bahwa Matematika merupakan ilmu dasar yang sangat penting dalam kehidupan. Karena itu, mengenal Matematika sangat penting, termasuk perkalian 1 sampai 10.

Kecepatan menghafal perkalian itu dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pada kelas 3 SD, sebelum pulang, kami diberikan tantangan untuk berebut menjawab dengan tepat dan cepat perkalian 1 sampai 10. Siapa cepat dia akan pulang lebih awal. Bagaimana bisa menghafal perkalian dengan cepat?

1. Pelajari penjumlahan

Perkalian adalah penjumlahan berulang angka-angka yang dikalikan. Misalnya 3 x 4 = 12. Caranya sebenarnya mudah sekali. Dulu kita akan menggunakan batu atau lidi untuk menghitung perkalian tersebut jika otak tidak cepat berpikir.

3 x 4 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12

Semakin encer otak menjumlahkan angka-angka maka akan lebih cepat lagi menghafal perkalian 1 sampai 10. Trik yang saya gunakan sebenarnya seperti itu aja. Mengingat perkalian istimewa dalam setiap perkalian. Misalnya 7 x7, 8 x 8 dan lain-lain. Intinya perkalian angka yang mudah dihafal.

Jadi ketika kita diberikan soal perkalian 7 x 8 dengan mudah kita akan mencari alternatif menambahkan 7 x 7 = 49 + 7 = 56.

2. Pengurangan juga penting

Hal yang sama pun berlaku dengan pengurangan. Ya memang sebelum masuk ke perkalin pada materi pelajaran kelas 1 SD, kita akan belajar penjumlahan dan pengurangan terlebih dahulu. 

Pentingnya pengurangan dalam perkalian cepat juga sama dengan penjumlahan. Misalnya 7 x 6 kita dapat mengambil alternatif lagi misalnya 7 x 7 kan sama dengan 49, jadi dikurang 7 menjadi 42. Intinya latihan aja dulu.

3. Gunakan trik perhitungan Matematika cepat

Okelah, perkalian 1 sampai 5 bagi sebagain anak pasti sudah diluar kepala. Perkalian 5 dan 10 apa lagi. Dan bagaimana dengan perkalian 6 sampai 10, adakah cara cepat untuk menghafalnya?

Pasti ada. Misalnya perkalian 6 sampai 10 ke atas bisa memanfaatkan jari-jari tangan. Begitu pun dengan perkalian istimewa perkalian 9. Dan yang lebih di atasnya lagi, perkalian 11 dan masih banyak lagi trik perhitungan Matematika cepat dalam menghafal perkalian tanpa perlu kalkulator.

Tips terakhir, sebenarnya tidak perlu menghafal terlalu keras. Intinya adalah pemahaman tentang perkalian 1 sampai 10. Itu aja. Tidak sulit kok. Asal mau latihan aja, jangan perkalian cepat 1 sampai 10, perkalian 1 sampai 20 aja pun bisa dengan cepat dihafal jika mau berlatif berhitung.

Lihat juga Rumus Bangun Datar dan Bangun Ruang

Demikianlah tabel perkalian 1 sampai 10 lengkap dengan gambar dan tabel perkalian berwarna menarik dan mudah untuk dipelajari. Silahkan di download atau screenshot saja dan crop. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar