Jenis-jenis Investasi, Pilih Jangka Pendek Atau Jangka Panjang?

"Jenis Investasi, Pilih Investasi Jangka Pendek Atau Investasi Jangka Panjang? Keuntungan dan kelebihan investasi jangka panjang dan jangka pendek."

3 min read
Jenis-jenis investasi - Berbicara tentang investasi pastinya kita hanya memiliki satu tujuan, yaitu memperoleh keuntungan. Karena itu, baik investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang, yang penting Anda sebagai investor untung, investasi tidak ada masalah.

Jenis-jenis Investasi, Jangka Pendek Atau Investasi Jangka Panjang?
Jenis-jenis Investasi, Jangka Pendek Atau Investasi Jangka Panjang?

Tapi bagi sebagian besar investor, pilihan investasi yang beragam jenis tersebut tidak bisa dipilih begitu. Hal ini dikarenakan pertimbangan investor dari segi keuntungan, seperti besarnya keuntungan, waktu kembalinya modal yang telah ditanam, dan juga resiko investasi itu sendiri. Karena itu, jenis investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang harus benar-benar dipertimbangkan.

Investasi Jangka Pendek Vs Investasi Jangka Panjang


Investasi jangka pendek memberikan hasil yang relatif cepat. Berbeda dengan investasi jangka panjang yang lebih mengutamakan bebas masalah finansial di masa depan.

Masalah yang timbul saat memilih dari 2 jenis investasi ini adalah modal. Tentu saja, namun kita tidak akan membahas itu lebih jauh karena investasi lebih menonjolkan kepada tujuan investasi.

jenis-jenis investasi dan tujuan investasi
Tujuan investasi

Pilih investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang? Jawabannya ada pada diri masing-masing. Pertimbangannya hanya satu, yaitu tujuan investasi. Apakah untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu yang relatif singkat atau untuk masa depan?

Dengan mengetahui kebutuhan tersebut, investasi jangka pendek atau jangka panjang bisa dipilih dengan lebih mudah.

Keuntungan investasi jangka pendek

  • Hasil investasi lebih cepat diperoleh, paling lama biasanya hanya 1 tahun.
  • Perputaran uang lebih cepat.

Kelemahan investasi jangka pendek

  • Investasi jangka pendek lebih beresiko.
  • Keuntungan lebih kecil jika dibandingkan dengan investasi jangka panjang.

Keuntungan investasi jangka panjang

  • Hasil investasi lebih menjanjikan.
  • Minim resiko kerugian.

Kekurangan investasi jangka panjang

  • Investasi jangka panjang cenderung membutuhkan modal yang besar.
  • Keuntungan investasi yang besar hanya dirasakan setelah waktu berlalu cukup lama.

Jenis Investasi Terbaik Untuk Anda

Dalam memilih jenis investasi yang terbaik dan paling tepat, kita butuh pertimbangan yang matang.

Jika memilih investasi jangka pendek, sebaiknya pilih jenis investasi yang Anda sukai, seperti:
  • Trading Forex
  • Peer To Peer Lending
  • Deposito
  • Reksadana
  • Saham
Dalam hal ini, yang perlu diketahui bahwa investasi jangka pendek termasuk jenis investasi yang resikonya cukup tinggi.

Anda memilih investasi jangka pendek karena ingin memperoleh hasil atau return yang relatif lebih cepat untuk tujuan perputaran uang atau untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu dekat.

Anda memilih investasi jangka panjang jika memiliki modal investasi yang cukup dan telah merencanakan keuangan dalam waktu dekat. Jangan sampai modal investasi Anda adalah dari kebutuhan sehari-hari yang sangat prioritas untuk dipenuhi dalam waktu dekat.

Selain itu, pilihlah jenis investasi jangka panjang untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar dan menjanjikan di masa depan.

Tips terakhir dalam memilih jenis investasi adalah meminimalisir potensi resiko. Bagi sebagian investor, resiko adalah tantangan. Seperti kata-kata mutiara Bob Sadino, "Dibelakang resiko ada peluang. Dan besarnya resiko mempengaruhi keuntungan dibaliknya."

Namun dalam investasi, meminimalisir resiko merupakan pilihan terbaik dalam berinvestasi. Karena investasi cukup berbeda dengan peluang usaha. Meskipun memiliki tujuan yang sama, yaitu mendapatkan keuntungan.

Memilih jenis investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang adalah tugas investor, yaitu Anda. Dan dengan belajar lebih jauh dan dalam tentang investasi, resiko kerugian bisa diminimalkan. Inti dari investasi adalah mendapatkan hasil dan tidak rugi.

Lihat juga Contoh Investasi Jangka Pendek Terbaik untuk Pemula.

Demikianlah jenis-jenis investasi, investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang. Pilihan ada ditangan kamu sebagai investor. Yang penting adalah mengenal jenis investasi yang cocok untuk Anda.
Posting Komentar