Senam Jari Gitar Untuk Mempercepat Permainan Melodi Gitar

"Silahkan kunjungi postingan Senam Jari Gitar Untuk Mempercepat Permainan Melodi Gitar untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

4 min read
Senam jari dalam permainan gitar sering diabaikan. Bagi pemula yang baru belajar kunci dasar gitar, biasanya akan menganggap bahwa senam jari hanya buang-buang waktu. Benarkah begitu? Jangan salah bung, senam jari merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seorang gitaris.

senam jari gitar untuk mempercepat permainan melodi gitar
Senam jari gitar untuk mempercepat permainan melodi gitar

Saya sering mendengar informasi yang menyebutkan bahwa gitaris dunia pun masih melakukan rutinitas senam jari untuk mempercepat permainan gitar melodi mereka. Bayangkan, mereka yang sudah memiliki kecepatan bermain melodi gitar di atas rata-rata masih melakukan senam jari.

Karena itu, saya berbagi teknik dan cara senam jari gitar. Tujuannnya untuk apa? Saya yakin yang sudah mahir bermain gitar sudah tahu manfaat senam jari ini. Dan untuk yang pemula, senam jari dapat melenturkan jari tangan yang kaku, baik untuk melodi gitar maupun membentuk chord gitar dasar..

Cara Senam Jari Gitar


Jari pendek susah main gitar? Saya rasa itu adalah opini yang salah. Sebenarnya yang membuat susah main gitar adalah tidak belajar dan kurang latihan. Maunya cepat bisa main gitar padahal semua butuh prosesl. Bagaimana cara senam jari untuk mempercepat fingering?

1. Warming up dalam bermain gitar


Pemanasan (Warming up) merupakan langkah awal. Sebelum berlatih ataupun manggung, beberapa orang akan melakukan senam jari terlebih dahulu. Dalam bermain gitar, ada 2 teknik warming up, yaitu teknik picking dan fingering.

Teknik fingering merupakan latihan untuk mempercepat kecepatan jari tangan kiri. Tujuannya untuk melatih jari kiri untuk membentuk chord gitar tanpa membuat tangan kaku dengan cepat dan mudah berpindah dari satu chord gitar ke chord gitar lainnya.

Ada beberapa teknik fingering yang biasa saya lakukan sebelum bermain gitar.

- Menggunakan bentuk-bentuk melodi gitar. Saya suka bermain melodi menggunakan bentuk melodi C. Selain untuk mempercepat permainan gitar melodi, juga untuk lebih mudah menghafal letak nada-nada do re mi pada fret gitar secara lengkap.

Di situ, akan dijelaskan cara menguasai melodi gitar sampai semua fret gitar. Terutama cara mudah  menggabungkan bentuk-bentuk melodi dalam scale diatonik mayor.

- Latihan kunci gantung gitar. Bagi pemula, kunci gantung sebenarnya juga dapat digunakan untuk senam jari. Pasti masih kebayang beberapa Minggu yang lalu saat baru belajar gitar. Bagaimana susahnya membentuk kunci gantung gitar? Pasti sangat susah karena jari tangan masih kaku.

Saat membentuk kunci gitar gantung kita akan belajar melenturkan jari kelingking untuk menekan fret gitar. Karena jari inilah yang paling sulit untuk digunakan bermain gitar pada saat baru latihan. Selain ketekunan, tiada lagi cara lainnya.

- Senam jari dengan Chromatic scale

Teknik menambah kecepatan bermain gitar yang paling populer adalah menggunakan chromatic scale. Penjelasannya sederhana. Jika tangga nada diatonik C mayor terdiri dari 7 nada, maka chromatic scale ini terdiri dari 12 nada.

senam jari gitar untuk mempercepat kecepatan bermain melodi
Senam jari dengan chromatic scale - musicindustryhowto.com

Intinya, tidak ada spasi pada fret gitar karena chromatic scale merupakan gabungan dari tangga nada diatonik plus nada kress dan mol dalam seni musik. Jadi, senam jari dengan chromatic scale sangat mudah dilakukan.

Kita bisa langsung memilih 4 fret gitar masing-masing jari pembentuk chord gitar dan menekannnya di fret yang senarnya ditekan. Contoh prakteknya sebagai berikut.

1. Pilih 4 fret gitar, bagus yang fret 1 sampai 4 karena jaraknya juga lumayan jauh. Cocok untuk melenturkan jari tangan.
2. Tekan fret 1 gitar dengan jari telunjuk.
3. Tekan fret 2 gitar dengan jari tengah.
4. Tekan fret 3 gitar dengan jari manis.
5. Tekan fret 4 menggunakan jari kelingking.

Bisa dimulai dari senar 1 sampai 6 berurutan, dan lakukan secara berulang-ulang. Dipastikan jika rutin dengan senam jari menggunakan scale ini, kamu akan cepat mahir bermain gitar karena tangan lebih mudah berpindah chord.

Setelah warming up dengan teknik fingering untuk latihan tangan pembentuk chord gitar, maka latihan juga dapat dilakukan pada tangan kanan yang digunakan untuk menggenjreng gitar atau untuk memetik senar gitar.

Cara latihannya mudah, bisa menggunakan teknik cara memetik gitar dengan metode PIMA. Latihan ini akan membuat otak terasa lebih fresh sekaligus bekerja keras saat baru latihan.

Hal ini karena selain kecepatan, dibutuhkan juga sinkrosisasi antara tangan kanan dan tangan kiri. Antara tangan yang membetuk chord (Menekan fret gitar) atau pun tangan yang memetik senar gitar. Harus seirama agar permainan tidak kacau.

Alat Senam Jari Untuk Mempercepat Permainan Melodi Gitar


Alat senam jari yang sangat berguna dalam latihan gitar adalah metronome. Dengan alat ini, kita bisa menjaga konsistensi tempo permaian gitar, baik genjrengan maupaun gitar melodi.

Dengan alat ini, kita bisa berlatih senam jari sekaligus mengukur kecepatan kita dalam bermain gitar melodi. Harga metronome memang cukup mahal. Tapi untuk pengguna android, banyak aplikasi android gratis di playstore yang dapat dijadikan metronome. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

Setelah dirasa permaian melodi sudah lebih cepat, kita dapat menaikkan tempo metronome agar lebih cepat. Tapi lakukan secara perlahan biar tidak kewalahan.

Senam jari untuk melenturkan jari tangan yang terakhir adalah konsisten dan latihan. Ya hanya itu. Dan salah satu caranya agar tidak bosan dengan bermain melodi gitar lagu yang cepat atau ngebit. Biar terbiasa mengiringi lagu-lagu yang cepat. Praktek setiap hari akan membuat jari lebih lentur.

Kesimpulan dari saya, senam jari gitar melodi adalah hal yang wajib dan krusial. Selain untuk mempercepat jari tangan juga untuk menjaga konsistensi permainan gitar agar performa tidak menurun.

Jika kecepatan seorang gitaris terkendala dalam hal fingering dan fingerpicking maka mereka akan terbatas dalam bermain gitar.

Bagaimana seorang gitaris akan mengiringi lagu-lagu cepat jika tidak memiliki kecepatan yang memadai?

Lanjut ke cara mengetahui kunci gitar sebuah lagu.

Demikianlah artikel tentang cara senam jari gitar dan alat yang dapat digunakan untuk senam jari. Latihan gitarlah yang akan membuat seseorang lebih hebat dari kemarin. Bisakah latihan senam jari tanpa gitar? Maybe or not? Tergantung Anda.
Posting Komentar