Cara Mengetahui Kunci Gitar - Belajar Mengiringi Lagu

"Cara mengetahui dan menebak kunci gitar, cara mencari chord gitar sendiri, belajar mengiringi lagu pertama untuk pemula langsung bisa."

5 min read
Cara mengetahui kunci gitar sebuah lagu memang tidak semudah ketika hanya dikatakan. Kamu sudah bisa mengiringi lagu dengan gitar? Jika ya, kamu pasti sudah mengetahui kunci gitar lagu tersebut dan tahu cara menyatukan lagu dengan kunci gitar serta genjrengannya.

cara mengetahui kunci gitar dan menebak chord lagu
Cara mengetahui kunci gitar

Banyak gitaris yang setelah mendengar lagu langsung dapat mencari chord gitarnya. Dan mereka tidak asal menebak kunci gitar yang benar. Ada urutan dan rumus yang seharusnya sudah mereka pelajari terlebih dahulu kemudian dapat menggunakan feeling dalam mengetahui kunci gitar tersebut.

Cara Mengetahui Kunci Gitar


Seperti yang saya katakan di atas, kita akan belajar cara mengetahui kunci gitar sebuah lagu. Dan itu dilakukan bukan dengan cara asalan menebak saja. Ada rumus yang harus diikuti untuk dapat menemukan kunci gitar yang benar-benar pas dan tidak fals.

Baiklah, karena ini semacam praktek maka kita akan mengambil contoh lagu yang mudah untuk pemula.

1. Cari lagu yang akan diiringi


Ada banyak lagu yang mudah untuk pemula. Dan hari ini, kita akan menggunakan lagu Gaby Tinggal Kenangan. Saat baru pertama belajar gitar, kita tidak perlu mencari kunci gitarnya sendiri. Lebih mudah mengiringi lagu dengan melihat lagu yang disertai dengan kunci gitar lagu tersebut. Bukankah itu tidak baik untuk feeling?

Tujuannya agar kita paling tidak bisa mengiringi minimal satu lagu. Lagu tersebut nantilah yang dapat menjadi jembatan agar kita dapat mengiringi lagu-lagu yang lainnya dengan menebak kunci gitar tanpa perlu melihat buku lagi.

Agar lebih mudah, berikut kunci gitar lagu Gaby Tinggal Kenangan lengkap dengan chordnya. Silahkan pelajari iringi lagu ini sebagai lagu pertama.

[intro] : C G Am G F C Dm G
C        G    Am     Em
Pernah ada rasa cinta
F      C      Dm         G
antara kita kini tinggal kenangan
C         G
Ingin kulupakan
      Am          Em
semua tentang dirimu
F         C      Dm          G
Namun tak lagi kan seperti dirimu
          C
oh bintangku
[Reff]
C         G       Am         Em
Jauh kau pergi meninggalkan diriku
F   C       Dm        G
disini aku merindukan dirimu
C        G       Am         Em
Kini ku coba mencari penggantimu
F         C        Dm        F        G       C
namun tak lagi kan seperti dirimu oh kekasih
C       G  Am      Em
Pernah ada rasa cinta
F      C      Dm         G
antara kita kini tinggal kenangan
C         G
Ingin kulupakan
      Am          Em
Semua tentang dirimu
F         C      Dm          G
Namun tak lagi kan seperti dirimu
          C
Oh bintangku

2. Hafal kunci gitar lagu pertama


Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus menghafal chord lagu tersebut serta letak perpindahannya. Pelajari lagu pertama tersebut sampai benar-benar bisa mengiringinya tanpa melihat buku lagu tersebut kembali.

Minimal satu lagu inilah yang akan membentuk feeling kita sehingga dapat mengetahui cara mengiringi lagu dengan gitar. Harus ada satu lagu yang bisa kamu iringi, dengan cara apapun, termasuk membaca tab gitar seperti ini.

Tips Menebak Kunci Gitar Dan Mengiringi Lagu


Bagi yang bingung cara mencari kunci gitar sendiri, saya akan berikan beberapa tips menebak kunci gitar untuk pemula yang dapat dijadikan dasar dalam menentukan kunci gitar sebuah lagu.

1. Pilih lagu yang akan dikulik


Banyak pemula yang sebenarnya bisa mencari kunci gitar sendiri tapi tidak jadi mengetahui cara mengiringinya karena tidak tuntas mempelajarinya. Karena itu, kalau ingin belajar menebak chord gitar sampai sukses mengiringinya dengan gitar maka kita harus fokus pada lagu yang akan dikulik tersebut. Jangan pindah lagu sampai benar-benar tahu cara mengiringinya.

2. Cari nada dasar


Satu-satunya cara mengetahui urutan kunci gitar yang benar adalah dengan belajar nada dasar. Setelah memilih satu lagu untuk dikulik, kita harus menentukan nada dasar lagu tersebut.

Misalnya kita menggunakan nada dasar C dimana chord family-nya terdiri dari C-Dm-Em-F-G-Am-Bdim. Jadi lagu tersebut hanya berputar-putar disitu dan tidak akan keluar dari jalur tersebut. Karena itu adalah rumus kunci gitar berdasarkan nada dasar C. Kecuali overtone (Perubahan nada dasar lagu yang diiringi).

3. Tentukan chord pertama


Setelah tahu nada dasarnya, kita harus menentukan kunci pertama pada lagu tersebut. Kebanyakan lagu terutama lagu pop kunci pertamanya berasal dari nada dasar itu sendiri. Contohnya, kalau nada dasar C kemungkinan besar kunci pertamanya juga C. Tapi tidak selamanya.

Sebenarnya kita sudah bisa mengiringi lagu dengan alat musik hanya dengan menggunakan kunci gitar mayor. Dalam contoh ini, C-F-G pada chord family nada dasar C. Tapi untuk lebih tepat perpindahannya maka terkadang kita harus menggunakan kunci gitar minor.

Bagi pemula, saya akan memberikan karakteristik chord gitar yang biasa diajarkan kepada pemula yang baru belajar gitar.

- Chord C merupakan nada dasar yang memiliki bunyi sedang. Sering menjadi kunci pertama. Dan dalam mengiringi lagu, pada akhirnya kita akan menutup lagu dengan kembali ke kunci nada dasar.
- Chord F digunakan ketika lagu terdengar naik atau lebih tinggi dari C atau nada sedang.
- Chord G digunakan pada lagu yang terdengar lebih rendah dari nada dasar.

Itu hanya sebagai pedoman untuk pemula dalam mencari kunci gitar sendiri. Dan rumus tersebut tidaklah baku tapi cukup ampuh digunakan dalam menentukan chord gitar suatu lagu.

Kesimpulan cara menebak kunci gitar sebuah lagu


Untuk mengetahui kunci gitar, kita harus menentukan nada dasar terlebih dahulu. Karena di dalam nada dasar tersebutlah terdapat urutan kunci gitar yang benar dan dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mencari dan menebak chord gitar.

Lihat juga Gambar Kunci Gitar Lengkap

Demikianlah cara mengetahui kunci gitar yang benar untuk pemula. Semoga setelah ini kamu jadi bisa menebak kunci gitar dan mengiringi lagu dengan mudah.
Posting Komentar