6 Faktor Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya Secara Alami

"Inilah faktor penyebab jerawat dan cara terbaik untuk mengatasinya secara alami pada pria"

10 min read
6 Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya Secara Alami - Tidak ada cara lain untuk mengatasi jerawat selain dengan menyelidiki penyebabnya. Pasti kita sering bertanya, ini jerawat kok tambah banyak aja? Ternyata hal-hal ini disebabkan oleh kebiasaan hidup sehari-hari yang baik disengaja maupun tidak disengaja.

Inilah penyebab jerawat dan cara mengatasinya yang paling ampuh
Penyebab jerawat dan cara mengatasinya - journal.sociolla.com

Faktor penyebab jerawat pada wajah setiap orang berbeda. Baik itu pria dan wanita. Namun harus diketahui bahwa memang ada hal-hal umum yang dapat menimbulkan jerawat pada berbagai bagian tubuh, misalnya di pipi, jidat, dahi, dan lain-lain. Dan cara mengatasinnya pun harus tepat. Jika tidak maka bisa saja menjadi jerawat batu yang meninggalkan bekas jerawat suatu hari nanti.

Faktor Penyebab Jerawat


Apa saja faktor penyebab jerawat? Silahkan lihat dan temukan tips-tipsnya. Ada tips berharga di setiap poinnya.

1. Faktor makanan

Makanan apa saja yang menjadi penyebab timbulnya jerawat? Pasti kita sering mendengar istilah "makan kacang dapat menambah jerawat di wajah." 

Benarkah demikian? Saya pikir tidak, selama dikomsumsi dalam tahap wajar. Bagaiamana dengan keju? Coklat? Iya sama saja toh. 

Mungkin kita sering mendengar pakar mengemukakan pendapat tentang jenis-jenis makanan yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Dan banyak dari kita yang salah persepsi menanggap hal tersebut. Termasuk saya, tapi itu dulu.

Penyebab utama timbulnya jerawat yang paling umum adalah mengkomsumsi makanan-makanan berminyak. Kacang goreng? Maybe. Intinya penyebabnya bukan mengkomsumsi makanan berlemak dan berminyak tapi lebih kepada porsi dan seberapa sering kita memakannya.

Apakah semua orang yang mengkomsumsi makanan berminyak akan berjerawat? No, I don't think so. Tapi mereka yang melakukan kebiasaan makan sehari-hari dengan menu berminyaklah yang memiliki resiko masalah kulit seperti jerawat. 

Jadi hilangkan semua mindset tersebut karena ternyata jerawat bukan hanya disebabkan oleh makanan saja tapi berbagai hal. 

2. Membersihkan wajah dengan handuk kotor

Tidakkah kamu berpikir tentang berapa banyak bakteri pada wajah hanya karena menggunakan handuk yang sudah lama tidak dicuci? 

Ya, memakai peralatan kecantikan seperti lap atau handuk yang tidak bersih dapat menimbulkan munculnya jerawat pada wajah. Banyak yang menyepelekan ini karena dianggap biasa saja. Tapi ini sangat penting lho.

3. Faktor Pubertas

Kita pasti sering mendengar bahwa jerawat adalah hal yang biasa dan umum terjadi, terutama pada remaja yang sedang dalam masa transisi. Sebenarnya tidak juga. Tidak semua remaja berjerawat saat sedang masa pubertas. 

Namun harus diakui resiko lebih tinggi karena ada pergerakan hormon yang merangsang timbulnya jerawat pada area sekitar wajah. Hal ini sering dialami oleh wanita yang juga dalam masa menstruasi.

4. Faktor penyebab jerawat karena tingkat stress tinggi

Siapa sangka kalau stres adalah salah satu penyebab munculnya jerawat, terutama pada dahi. Ini menurut pengalaman lho. Saat rutinitas setiap hari semakin padat dan sibuknya minta ampun, pikiran yang bekerja keras membuat kepala mulai panas. Misalnya saat menjelang ujian, biasanya tingkat stress semakin tinggi.

Semakin sulit terkendali maka akan semakin mudah stres. Dan ini menjadi salah satu faktor penyebab jerawat yang sulit diatasi. Karena hampir setiap saat ada saja pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Hal ini memicu stres tingkat tinggi yang berujung pada timbulnya jerawat di dahi.

5. Menyentuh wajah dapat menimbulkan jerawat di pipi

Stop sentuh-sentuh wajah! Jika tidak ingin berjerawat buang rutinitas buruk ini. Sudah menjadi kebiasaan setiap orang untuk menyentuh wajah menggunakan tangan. Mungkin karena tidak tahu atau senang aja, tapi anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda asing ini ternyata penuh dengan bakteri penyebab jerawat.

Bahkan karena kebiasaan menyentuh wajah jugalah yang menimbulkan bekas jerawat. Seberapa banyak Anda memencet jerawat saat sedang meradang? 

Memencet jerawat terlebih saat tangan kotor memiliki resiko yang lebih tinggi membuat jerawat semakin banyak sehingga iritasi pada jerawat yang meradang akhirnya meninggalkan bekas di wajah.

Perlu diketahui, jerawat kecil ketika disentuh kemungkinan besar akan menjadi jerawat batu. Resiko 2 kali lebih besar ketika tangan dalam keadaan kotor. Jangan pikir tangan yang terlihat bersih tidak terdapat bakteri di dalamnya!

6. Penyebab jerawat karena debu dan kotoran

Serbuk halus dan kotoran akibat polusi yang tak terlihat sebenarnya juga menjadi penyebab utama masalah jerawat. Asap kendaraan dan radikal bebas merupakan partikel-partikel yang dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga timbul masalah jerawat. Dan kadang kita tidak menyadari itu dan membawanya sampai pagi hari.


Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat Sampai Tuntas


Setelah mengetahui penyebab jerawat pasti akan lebih mudah bagi kita untuk mencari cara mengatasinya. Perhatikan baik-baik bahwa selalu ada tips terbaik di setiap poinnya.

1. Kurangi makanan berminyak

Penyebab jerawat yang paling ditakuti adalah makanan berminyak. Dan tidak semua orang dapat menghindari makanan ini. "Mau di apa, anu enak?" Nah sebenarnya kita tidak perlu menghindari semua masakan berminyak untuk dapat mengatasi timbulnya jerawat. 

Cukup kurangi dan lakukan tips-tips lainnya di bawah. Masalah yang lebih besar dari makanan berminyak adalah kenaikan berat badan.

2. Gunakan peralatan wajah yang bersih

Seberapa sering kita membersihkan wajah? Menurut saya 2 kali sehari sudah lebih dari cukup, yaitu setelah bangun pagi dan sebelum tidur di malam hari. 

Pernahkah kita berpikir, "kok semakin saya berusaha menghilangkan jerawat semakin tambah aja?" 

Ada 2 hal yang penyebabkan hal ini bisa terjadi, salah satunya alat-alat yang digunakan untuk perawatan wajah sudah kotor dan tidak dicuci. Digunakan setiap hari kok gak pernah dicuci? Atau alat yang hanya sekali pakai digunakan beberapa kali?

Contoh yang paling umum dan sering digunakan pada wajah adalah handuk. Solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan handuk wajah khusus. Sebaiknya gunakan handuk yang lembut karena tingkat sensitivitas kulit wajah sangat tinggi.

3. Kurangi menyentuh wajah

Faktor utama penyebab jerawat adalah kurangnya kepedulian terhadap menjaga kebersihan wajah. Padahal ini sangat krusial. Mulai sekarang dengan alasan apapun jangan menyentuh jerawat pada wajah. Setuju? 

Saya pikir ini akan sulit untuk dilakukan. Pasti semua setuju kalau jerawat di pipi atau dagu tidak henti-hentinya memanggil tangan.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya jangan memanjangkan kuku. Ternyata kuku tersebutlah yang lebih sering membuat kita senang memecahkan jerawat. Dan di dalam kuku hidup jutaan bakteri yang dapat memperparah jerawat. Ketahuilah, semua bekas-bekas jerawat di wajah diawali dari kebiasaan menyentuh wajah dan memecahkan jerawat.

4. Olahraga teratur

Bukan hanya pria, wanita pun butuh olahraga. Olahraga teratur akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Ending-nya, jerawat pun akan enggan muncul di wajah.

Satu lagi, dengan olahraga yang rutin, kita juga akan hidup bahagia karena terhindar dari stress dan yang paling penting wajah menjadi lebih cerah dan segar. 

Olahraga apa yang cocok?

Ringan saja seperti lari pagi atau push up, asal keringat keluar. Nah biasanya yang juga menyebabkan jerawat timbul pada wajah adalah salah mengelap keringat. 

Saat keringat baru keluar jangan dilap, terutama saat sedang masih berolahraga. Tapi jangan juga biarkan keringat di wajah dalam waktu lama. Mengelap wajah yang baik adalah dengan menempelkan handuk pada wajah, bukan mengusapnya. 

Jadi, saat keringat baru keluar kita bisa saja menempelkan handuk pada wajah untuk mengelapnya. Jangan diusap-usap terlebih jika menggunakan handuk yang bertekstur kasar.

5. Hidup bahagia bisa mengatasi munculnya jerawat

Jika stress adalah penyebab timbulnya jerawat maka salah satu solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan hidup bahagia. Bagaiman caranya? Bisa dengan olahraga dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang menyenangkan sesuai dengan hobi, kecuali menyentuh wajah jangan.

Pernah berpikir keras cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam waktu semalam? Apa yang terjadi? Jerawat kedua muncul di daerah dahi yang lain. 

Mengapa? Karena itu salah satu stress. Semakin kita berpikir keras tentang cara cepat maka semakin besar resiko timbulnya jerawat.

Dari berbagai pengalaman, mereka yang sering berusaha untuk menghilangkan jerawat malah memperparah masalah jerawat. Bukan hanya karena stress tinggi namun juga karena menggunakan peralatan dan bahan yang salah.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat?

Dengan bahagia tanpa berpikir cara menghilangkan jerawat. Jerawat akan pergi dengan sendirinya ketika kita tidak memikirkannya. Percayalah. 

Pasti banyak produk kecantikan yang memiliki slogan seperti ini: jerawat bukanlah masalah yang umum dan harus segera diatasi. Dan saya sependapat dengan itu.

Namun banyak orang yang memperparahnya dengan mencari cara cepat mencegah jerawat dan akhirnya timbullah keinginan untuk memecahkan jerawat yang meradang. Padahal yang paling penting adalah penyebabnya. Karena berpikir instan mereka lupa mencari sebab akibat dan akar masalahnya.

6. Rutin perawatan kecantikan wajah

Tidak perlu mahal. Banyak cara mencegah dan mengatasi jerawat menggunakan bahan-bahan sederhana. Contohnya bahan-bahan dapur yang dapat dijadikan masker agar wajah selalu bersih dan sehat. Perawatan wajah terbaik dilakukan secara alami dan menggunakan alat yang bersih. Itu kuncinya.

Dengan perawatan wajah yang rutin kita dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Lebih mudah mencegah dari pada mengobati. Prinsip perawatan wajah tidak harus menunggu sampai masalah timbul. Tapi lebih kepada tips mencari cara untuk menghindari akar masalah, yaitu penyebabnya.

Satu-satunya cara agar jerawat hilang dan tidak tumbuh lagi adalah dengan mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Setelah tahu itu, barulah kita dapat mengambil langkah yang tepat dalam mencegah jerawat.

Kesimpulan tentang faktor penyebab jerawat dan cara mengatasinya

Jerawat bukan hanya disebabkan oleh makanan berminyak tapi berbagai faktor yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Misalnya begini, jika kamu tidak memakan makanan berminyak namun tetap memiliki kebiasaan menyentuh wajah maka pengaruhnya tidak akan terlalu signifikan. 

Begitu pun cara mengatasinya, harus dikombinasikan antara satu dengan yang lainnya. Lakukan yang satu namun jangan tinggalkan yang lain.


Demikianlah artikel tentang faktor penyebab jerawat dan cara mengatasinya yang terbukti ampuh dan dapat diterapkan mulai sekarang. Selamat mencoba!
Posting Komentar