Skema Rangkaian Optocoupler Sebagai Switch Dan Relay

"Silahkan kunjungi postingan Skema Rangkaian Optocoupler Sebagai Switch Dan Relay untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

2 min read

Skema rangkaian optocoupler – Jika anda seorang teknisi elektronika, atau mungkin hobby dengan dunia elektronika, pastinya anda mengetahui bahwa ada banyak sekali jenis komponen elektronika. Dan bahkan jika anda masih dalam tahap pemula, anda juga harus tahu dan mempelajari jenis-jenis komponen elektronika untuk menjadi seorang teknisi elektronika yang handal. Dimulai dari komponen elektronika dasar seperti resistor, kapasitor, transistor, diode sampai dengan komponen yang mungkin beberapa dari anda masih asing seperti halnya optocoupler.


Skema Rangkaian Optocoupler Switch Dan Saklar

Optocoupler adalah sebuah komponen elektronika berbahan semi conductor yang terdiri dari LED dan komponen lain yang sensitive terhadap cahaya. Komponen ii biasanya digunakan untuk mengisolasi suatu rangkaian terhadap rangkaian lainnya. Dan tidak jarang orang menyebut optocoupler dengan nama optical coupler atau opto isolator. Optocoupler dapat berfungsi sebagai switch dan relay dengan menambahkan beberapa komponen elektronika lainnya.

Berikut ini adalah sebuah skema rangkaian optocoupler sebagai switch dan saklar yang cukup sederhana.

skema rangkaian optocoupler
skema rangkaian optocoupler

Dari rangkaian di atas kita bisa melihat bahwa anda hanya perlu untuk menambahkan beberapa komponen elektronika seperti resistor, kapasitor, dan juga dioda. Anda juga dapat memodifikasi rangkaian tersebut sebagai saklar sesuai dengan kebutuhan. Untuk rangkaian selanjutnya adalah rangkaian optocoupler sebagai switch dan relay. Sebenarnya untuk rangkaian berikut ini, sama seperti rangkaian sebelumnya, karena pada dasarnya relay merupakan sebuah saklar. Hanya saja rangkaian ini terhubung dengan microcontroller ardiuno mega 2560. Selain itu juga menggunakan sebuah transistor dengan jenis BD139 untuk mengendalikan relay.

skema rangkaian optocoupler relay
skema rangkaian optocoupler relay

Gambar di atas adalah sebuah skema rangkaian : optocoupler sebagai switch dan relay yang dapat anda pelajari. Ada beberapa rangkaian lain yang dapat anda buat dengan menggunakan  optocoupler seperti pompa, AC dan masih banyak lagi. Anda dapat belajar dan mencoba merangkainya sendiri di rumah.

Posting Komentar