Resensi Novel Laskar Pelangi Singkat Karya Andrea Hirata

"Silahkan kunjungi postingan Resensi Novel Laskar Pelangi Singkat Karya Andrea Hirata untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

3 min read
Resensi Novel Laskar Pelangi Singkat  - Siapa yang tidak kenal dengan novel Laskar Pelangi? Novel terbaik Indonesia yang dikarang oleh Andrea Hirata ini benar-benar mampu menyihir banyak kalangan. Hal ini terbukti dengan terjualnya sekitar 5 juta eksemplar Laskar Pelangi saat baru diterbitkan.

Resensi novel laskar pelangi karya Andrea Hirata terlengkap
Resensi Novel Laskar Pelangi Singkat Karya Andrea Hirata

Sampai hari ini novel Laskar Pelangi masih menjadi salah satu novel wajib yang harus dibaca oleh penggila novel di Indonesia. Sekedar informasi, kesuksesan novel laskar pelangi tidak hanya terbatas pada diterjemahkannya ke dalam beberapa bahasa di dunia. Bahkan yang lebih hebatnya, Laskar Pelangi juga diangkat ke dalam sebuah film.

Hari ini saya akan berbagi resensi novel Laskar Pelangi, karya Andrea Hirata yang fenomenal dan sangat terkenal. Ini merupakan novel pertama dari tetralogi Novel Laskar Pelangi yang dilanjutkan di buku kedua yang berjudul Sang Pemimpi. Sementara yang buku yang ketiga berjudul Edensor dan yang ke empat Maryamah Karpov.

Identitas Novel Laskar Pelangi


Langsung saja, berikut identitas novel Laskar Pelangi singkat.

Judul                    : Laskar Pelangi
Penulis                  : Andrea Hirata
Genre                    : Pendidikan, Sosial
Penerbit                : Bentang Pustaka (2005)
Jumlah Halaman : 529 halm.
Jumlah Bab          : 34 Bab
Kategori                : Novel

Bukan hanya di Indonesia, Novel Laskar Pelangi juga berhasil diterbitkan di sejumlah negara di dunia. Dari data Wikipedia, terdapat kurang lebih 24 negara yang juga menerbitkan Laskar Pelangi.

Kesuksesan tersebut masih berlanjut pada tahun 2008 ketika naskah laskar pelangi diadaptasi ke dalam sebuah film yang juga berjudul Laskar Pelangi. Film ini sutradarai oleh Riri Riza.

Resensi Novel Laskar Pelangi Singkat


Cerita Laskar Pelangi secara garis besar mengisahkan tentang kehidupan anak-anak kampung Belitong ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Laskar pelangi mengandung banyak sekali pelajaran terutama tentang mimpi dan arti persahabatan.

Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata merupakan buku pertama dari tetralogi laskar pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini merupakan salah-satu novel terlaris di Indonesia dengan lebih dari 5 juta eksemplar terjual. Bahkan novel Laskar Pelangi juga telah difilmkan dan berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul "The Rainbow Troops" oleh Angie Kilbane.

Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul Laskar Pelangi yang disutradarai oleh Riri Riza dan diproduksi oleh Miles Films and Mizan Production. Novel laskar pelangi menjadi Top Best Seller dengan predikat buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.

Tidak salah memang ketika seluruh lapisan masyarakat Indonesia tertarik dengan novel yang satu ini. Cerita Laskar Pelangi diangkat dari kisah nyata kehidupan dan pengalaman penulis dan teman-temannya.

Secara umum, novel Laskar Pelangi menceritakan tentang 10 anak kampung miskin komunitas Melayu di Pulau Belitong yang berjuang untuk mengubah nasib melalui dunia pendidikan. Mereka adalah anak-anak yang tergabung dalam Laskar Pelangi menurut nama yang diberikan Ibu Mus.

Bagaimana cerita dan kisah Laskar Pelangi?

Silahkan baca sinopsis Laskar Pelangi dalam blog ini.

Demikianlah tulisan tentang resensi Novel Laskar Pelangi singkat dan lengkap karya Andrea Hirata. Sangat recommendet untuk dibaca. Semoga bermanfaat
Posting Komentar