Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Cash Opname serta contoh soalnya

Teman-teman semua yang mau jadi auditor atau para calon-calon direktur perusahaan. Hari ini kita akan mempelajari Cash Opname. Cash Opname adalah pemeriksaan fisik pada uang kas tunai antara saldo yang terdapat pada Catatan Akuntansi dengan Uang kas yang ada di brankas/di tangan (cash on hand). Melakukan Cash opname itu tidak begitu sulit, kita hanya memerlukan ketelitian dan kesabaran saja.

Saldo menurut catatan akuntansi dapat teman-teman lihat di buku besar kas atau laporan mutasi kas. Dalam buku besar kas dapat dihitung jumlah mutasi debet dan kredit sampai dengan tinggal kita melakukan cash opname. Setelah kita dapat saldo kas menurut catatan kita lakukan pemeriksaan fisiknya ya teman2. Ups, sedikit info nih kalau mau melakukan cek fisik jangan kasih tahu ya kapan waktunya. Agar kasir atau pemegang kasnya tidak melakukan manipulasi. Keren ya kaya detektif.

Selanjutnya, kita hitung deh fisiknya. Hitung dari uang kertas sampai jumlah uang logamnya ya. Oh iya, ada triks lagi nih sebagai auditor, kita wajib di tuntut ketelitiannya sebaiknya ketika perhitungan uang tersebut dituntut untuk disaksikan oleh kedua belah pihak yaitu kasir dan Auditor karena di takutkan kehilangan uang pada saat perhitungan sedangkan kasir tidak ada dan Auditorlah yang akan jadi tersangka padahal memang benar uang tidak ada sebelum perhitungan cek fisik uang tersebut. Kas dalam bentuk fisik dapat pula berupa cek, giro, atau pun wesel yah sebagai surat berharga. serta cek juga pengeluaran yang belum di bukukan beserta bukti-bukti pendukungnya seperti bon, kwitansi, cek dll Semuanya dicatat dalam berita acara kas (BAP) yah.

Jika sudah dihitung teman-teman dapat menyamakan saldo tercatat dalam buku besar dengan fisik kas yang sebenarnya. Jika terdapat selisih maka kita harus lakukan konfirmasi penyebab terjadinya selisih dan kasir wajib bertanggung jawab pada saat itu juga. Kemudian kita masukkan ke dalam catatan kertas kerja audit kita teman-teman.

Berikut gambaran untuk melakukan Cash Opname:

Cash Opname

Berikut  Soalnya:

  1. Esalon Salon kecantikan Rambut pada bulan maret memiliki cash sebesar Rp 100.000 untuk operational
  2. Pada saat cek Fisik terdapat uang 50.000 satu lembar, 20.000 satu lembar, 10.000 satu lembar 5.000 satu lembar, 2.000 satu lembar dan 1.000 lembar.

    Cek Fisik Uang


  3. Terdapat pengeluaran yang belum dibukukan tanggal 30 Maret 2016 sebesar 5.000
  4. Pendingan Fotocopy sebesar 2.000, Galon 5.000.
Hitunglah fisik beserta pengeluaran yang belum dibukukan dan pendingan apakah terdapat selisih kas?

Cash Opname

Setelah dilakukan Cash Opname hasilnya tidak terdapat selisih antara Fisik uang dengan pembukuan artinya setiap pengeluaran yang dilakukan oleh kasir sudah sesuai, demikian gambaran singkat mengenai cash opname kali ini, kritik dan saran tulislah pada komentar dibawah terima kasih telah mengunjungi blog saya.

Post a Comment for "Pengertian Cash Opname serta contoh soalnya"