Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Wajib Anda Ketahui

4 min read

ciri-ciri penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit pembunuh pertama di dunia, maka sebaiknya anda ketahui sejak dini ciri-ciri penyakit jantung.

Penyakit ini memang harus diwaspadai bukan saja oleh orang yang sudah berumur, namun oleh anak muda juga karena kini ada banyak kasus serangan jantung yang terjadi pada anak muda.

Hal itu menunjukan bahwa penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, tua muda bisa diserangnya.

Dengan begitu, sudah seharusnya memang kita semua waspada pada beberapa gejala yang sering diidap oleh seseorang yang mengidap penyakit jantung ini.

Hal ini sebagai bentuk kewaspadaan yang harus kita miliki agar kemudian pada saat ada beberapa gejala yang dirasakan, kita kemudian tidak boleh menyepelekan hal itu karena jika demikian, maka ini akan bisa memberikan resiko yang cukup berbahaya.

Resiko yang berbahay itu bisa menyebabkan serangan jantung mendadak yang bahkan bisa menyebabkan pada terjadinya kematian secara mendadak pula.


Pengenalan Tentang Penyakit Jantung

Sebelum anda mengetahui tentang ciri-ciri penyakit jantung, sebaiknya anda kenali dan pahami juga terlebih dahulu mengenai pengenalan tetang penyakit jantung.

Apa itu penyakit jantung? Jelas, jika disebut dengan penyakit jantung, maka itu maksudnya adalah penyakit yang menyerang bagian jantung.

Penyakit ini terjadi karena memang ada hambatan yang menyerang bagian jantung tersebut sehingga menyebabkan fungsi jantung tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh; maka jika jantung ini terganggu, maka aliran darah ke seluruh tubuh akan terganggu.

Kenapa Berbahaya? Hal ini adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian sekaligus.

Seseorang yang terserang serangan jantung jika tidak dengan cepat ditangani, maka akan menimbulkan kematian mendadak.

Sementara itu mengenai penyebab penyakit ini sebetulnya masih sulit untuk diketahui karena memang ada beragam penyebab yang menjadi faktor terjadinya masalah kesehatan ini.

Akan tetapi sebetulnya jika anda ingin memiliki jantung sehat, maka milikilah gaya hidup sehat.


Mengenal Ciri Umum Penyakit Jantung

Bagi kita yang sehat sebaiknya memang harus selalu waspada dalam menjaga kesehatan agar senantiasa sehat.

Selain fokus pada menjaga kesehatan, kita juga sebaiknya memang fokus pada mengenali beberapa gejala yang umum diidap oleh seseorang yang memang memiliki penyakit jantung.

Gejala tersebut bisa saja terjadi pada awal atau juga terjadi secara terus menerus sehingga membutuhkan langkah penanganan serius.

Ada banyak ciri umum yang sebaiknya anda ketahui agar kemudian anda bisa melakukan langkah penanganan lebih lanjut nantinya sehingga tidak membiarkan gejala-gejala yang muncul tersebut nantinya.

Semua hal memang harus dilakukan dengan kesiapan dan kesiagaan dengan langkah yang paling baik.

  • Sakit Pada Bagian Dada Sebelah Kiri

Gejala umum yang memang selalu dirasakan oleh mereka yang mengalami penyakit jantung adalah merasakan sakit atau nyeri pada bagian dada khususnya di bagian kiri. Kenapa bagian kiri? Itu karena memang sesuai dengan posisi jantung itu berada dalam tubuh yang menandakan ada masalah pada bagian tersebut sebetulnya. Rasa sakit yang dirasakan kadang terasa seperti diremas-remas dan ditusuk-tusuk. 

  • Lelah Berlebihan

Hal selanjutnya yang menjadi ciri dari penyakit jantung ini adalah adanya rasa lelah yang berlebihan. Ini biasanya membuat seseorang lemas tanpa sebab meski sebetulnya sebelumnya tidak melakukan aktivitas fisik. Hal ini terjadi karena memang asupan darah ke seluruh tubuh tidak berjalan dengan baik sehingga yang terjadi adalah membuat tubuh menjadi lemas, letih dan lelah.

  • Sering Keringat

Karena memang lelah berlebihan, maka muncul juga keringat yang banyak dan sering padahal seperti disebutkan diatas bahwa kita tidak melakukan aktivitas berlebihan. Jika memang sering berkeringan seperti ini secara sering dan tanpa sebab, maka sebaiknya memang kita waspada pada resiko penyakit jantung yang bisa saja menyerang kita. Keringat yang paling sering terjadi adalah ada pada bagian telapak tangan sebagai penanda bahwa ada masalah pada bagian jantung kita, namun tidak selamanya demikian.

  • Sakit Kepala

Salah satu hal yang membuat otak dan kepala bekerja dengan baik adalah ketika memang ada asupan darah yang lancar. Jika asupan darah lancar, maka itu artinya jantung bekerja dengan baik. Sebaliknya jika ada masalah pada kepala seperti sakit kepala, itu artinya ada masalah yang memang terjadi pada bagian jantung karena memang jantung ini adalah inti dan kunci dari kehidupan karena berfungsi mengantarkan darah ke seluruh tubuh termasuk juga ke bagian otak bagian kepala. Sakit kepala yang sering dan sakit bisa saja mengindikasikan bahwa ada masalah pada bagian jantung.

  • Sesak Napas

Selain itu, ciri selanjutnya yang sering secara umum dirasakan oleh mereka yang mengudap penyakit jantung adalah sesak napas. Pemompaan darah yang dilakukan oleh jantung pastinya membutuhkan asupan oksigen yang cukup. Oksigen yang cukup itu akan membantu memperlancar proses sirkulasi darah dengan baik, dan jika jantung terhambat, maka yang terjadi adalah sesak napas. Jika sesak napas itu sering terjadi, ada salah satu hal yang memang mengindikasikan bahwa bisa juga seseorang terkena penyakit jantung tersebut.

  • Nafsu Makan Menurun

Hal yang selanjutnya menjadi ciri umum dari masalah kesehatan jantung adalah nafsu makan yang menurun. Hal ini terjadi karena memang ada masalah pada peredaran darah dalam tubuh yang kemudian bisa menyebabkan beragam masalah lainnya seperti masalah pencernaan dan juga nafsu makan yang tidak semangat. Hal ini sering dirasakan oleh banyak orang yang mengalami masalah kesehatan pada bagian jantung mereka, yang sebaiknya penting untuk diidentifikasi lebih lanjut nantinya.

  • Jantung Berdebar

Hal lain yang juga bisa menjadi ciri umum dari penyakit jantung adalah dimana sering terjadi debaran pada bagian jantung. Terkadang tanpa ada penyebab sebetulnya, tiba-tiba bagian jantung berdebar-debar dengan kencang. Debaran kencang dengan cepat dan tiba-tiba ini sebetulnya patut diwaspadai dengan seksama karena bisa saja hal itu menunjukan bahwa memang ada banyak masalah yang terjadi pada bagian jantung anda. Jika memang anda mendapatkan masalah ini apalagi jika terjadi secara berulang, maka akan lebih baik jika anda waspadai dan segera ambil penanganan.


Cek Lebih Lanjut

Dengan hanya merasakan beberapa masalah atau ciri-ciri diatas belum tentu membuat kita yakin bahwa kita mengidap masalah jantung.

Nah, agar hasil lebih akurat, maka akan lebih baik jika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter atau ahli yang memang mumpuni.

Cek dengan menggunakan alat khusus sehingga kemudian nantinya kita bisa memastikan dengan baik apakah kita mengidap masalah jantung atau tidak.

Jika iya, maka selanjutnya kita bisa langsung mengambil tindakan yang paling sesuai dan cocok untuk dilakukan.

Namun ketika memang kita tidak mengidap itu, maka sebaiknya kita bisa merubah dan menjaga gaya hidup kita secara sehat.

Hindari kebiasaan merokok, dan mengkonsumsi alkohol karena itu tidak baik untuk kesehatan jantung.

Pastikan juga anda cek asupan yang anda makan, dan yang paling penting adalah cek sejak dini kondisi kesehatan anda jika ada beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang kita rasakan.

Posting Komentar