Penyakit Batu Ginjal

3 min read
Penyakit Batu Ginjal

Penyakit Batu Ginjal – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyakit batu ginjal.  Batu ginjal atau dalam istilah kedokteran disebut renal lithiasis adalah gumpalan kecil dan keras yang terbentuk didalam ginjal anda.

Terbentuknya batu ginjal dikarenakan oleh mineral dan asam garam. Penyebab dari batu ginjal disebabkan oleh berbagai hal. Pada kondisi yang umum biasanya batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral menggumpal dan mengkristal.

Penyakit batu ginjal biasanya berawal pada sisi bagian tubuh atau punggung bagian bawah dan juga pangkal paha. Rasa nyeri berangsur berubah seiring pergerakan batu ginjal pada saluran urin.

Batu ginjal biasanya tidak membuat kerusakan yang permanen. Pengobatan pada rasa sakit dan meminum air putih yang banyak merupakan bagian dari pengobatan yang sering dibutuhkan. Bagaimanapun pengobatan harus dilakukan untuk membantu mencegah terbentuknya batu ginjal pada mereka dengan peningkatan resiko.

Gejala Pada Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal dapat memberikan tanda-tanda ketika batu tersebut bergerak didalam ureter, pipa penghubung ginjal dan kandung kemih. Pada satu titik, tanda dan gejala penyakit batu ginjal baru bisa dirasakan, seperti :

  • Timbulnya nyeri yang parah pada sisi punggung dibawah pinggul
  • Nyeri yang menyebar meluas kebagian bawah tubuh dan pangkal paha
  • Timbul rasa nyeri pada saat buang air kecil
  • Urin berwarna pink, merah atau cokelat
  • Timbul rasa mual dan muntah
  • Sering buang air kecil
  • Terjadi demam dan menggigil saat infeksi terjadi


Penyebab Penyakit Batu Ginjal dan Faktor Resikonya

1. Penyebab

Batu ginjal sering kali tidak terdefenisi dengan satu penyebab. Beberapa faktor yang sering kali berkombinasi, yang membuat dimana seseorang sering kali rentan mengalami batu ginjal.

Batu ginjal sering kali terjadi karena hilangnya keseimbangan komponen urin yaitu berupa cairan dan berbagai mineral dan asam. Ketika kondisi ini terjadi, urin akan terdapat lebih banyak zat yang mengkristal, seperti kalsium, oxalate dan uric acid daripada cairan yang ada lebih sedikit. Pada saat yang sama urin anda terdapat zat yang mengkristal dan menggumpal yang memyebabkan terbentuknya batu ginjal.

2. Faktor Resiko

Faktor resiko yang bisa menyebabkan meningkatkan penyakit batu ginjal terjadi adalah :

  • Adanya seseorang dalam keluarga yang memiliki kasus batu ginjal
  • Pada umumnya terjadi pada mereka yang berusia 40 tahun keatas, walaupun sebenarnya batu ginjal bisa terjadi pada usia berapapun.
  • laki-laki lebih cenderung mengidap batu ginjal
  • Dehidrasi
  • Jenis makanan tertentu yang tinggi akan protein, tinggi sodium dan gula dapat menyebabkab resiko pada beberapa jenis batu ginjal
  • Obesitas atau kegemukan
  • Mempunyai penyakit atau pernah operasi pada saluran pencernaan


Jenis-jenis Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal ada beberapa jenis, tergantung kepada sumber pembentuk batu ginjal tersebut.

1. Batu Kalsium

Banyak batu ginjal yang terjadi adalah jenis batu kalsium, biasanya berbentuk kalsium oxalate. Kada oxalate yang tinggi bisa ditemukan pada beberapa jenis buah dan sayuran, kacang dan cokelat. Hati kita juga memproduksi oxalate. Vitamin D dosis tinggi, operasi pada saluran pencernaan dan beberapa kelainan metabolisme pada tubuh juga bisa meningkatkan konsentrasi kalsium atau oxalate pada urin. Batu kalsium bisa juga terjadi dalam bentuk kalsium fosfat.

2. Batu Struvite

Biasanya batu struvite terbentuk sebagai respon terhadap suatu infeksi, seperti infeksi yang terjadi pada saluran urin. Batu struvite ini bisa berkembang sangat cepat dan juga menjadi besar.

3. Baru Uric Acid

Batu ini terbentuk pada mereka yang mengalami dehidrasi, mereka yang hobi makan makanan yang tinggi protein dan yang memiliki penyakit encok. Faktor genetik tertentu dan adanya kelainan pada jaringan penghasil darah juga bisa membuat anda lebih beresiko mengalami batu uric acid.

4. Batu Cystine

Jenis batu ginjal ini termasuk yang paling sedikit dijumpai. Batu ginjal ini terbentuk lebih kepada faktor keturunan yang menyebabkan ginjal memproduksi asam amino (cystinuria) dalam jumlah yang banyak.

5. batu ginjal lainnya

Beberapa batu ginjal langka lainnya juga bisa terjadi.


Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal bisa kita cegah dengan cara mempraktekan pola hidup sehat. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak poin-poin dibawah ini :

  • Minumlah air putih yang cukup setiap harinya
  • Makan lebih sedikit makanan yang banyak mengandung oxalate, seperti bayam, teh, cokelat, ubi dan produk kedelai.
  • Cobalah memilih makanan yang rendah garam dan protein hewani
  • Makan makanan yang kaya akan kalsium, akan tetapi membatasi penggunaan suplemen kalsium

Demikian informasi tentang penyakit batu ginjal yang penulis bisa sampaikan, semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian dan kita semua diberi kesehatan dan terhindar dari penyakit batu ginjal tersebut.

Posting Komentar