Cek Kesehatan Anda Dari Kondisi Kaki

3 min read
Cek Kesehatan Anda Dari Kondisi Kaki

Cek Kesehatan – Kaki bisa dijadikan sebagai alat diagnostic yang menakjubkan, karena dengan melihat kondisi kaki bisa melihat potensi penyakit yang mungkin anda derita.

Menurut dokter ahli bedah ortopedi dari Minnesota Dr. Lance Silverman untuk memahami kondisi kesehatan yang ada pada tubuh, anda hanya perlu melihat tanda-tanda peringatan yang ada pada kaki. Apabila setelah anda melihat kondisi kaki dan ada kecurigaan anda mengidap penyakit tertentu sebaiknya segera konsultasikan kecurigaan itu kepada dokter.

Berikut tanda-tanda yang bisa ditunjukan oleh kondisi kaki anda terhadap kesehatan tubuh.


Cek Kesehatan dengan cara Melihat Kondisi Kaki

cek kesehatan dari kaki

1. Kulit Kaki Kering dan Keterlupas

Jika anda temukan kulit disekitar tumit anda kering, pecah-pecah dan terkelupas bisa jadi ini tanda ada yang tidak beres dengan kelenjar tiroid anda. Kelenjar tiroid adalah penghasil hormon tiroid yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh, tekanan darah, perkembangan jaringan dan fungsi syaraf.

Sebenarnya kulit kering juga bisa disebabkan oleh faktor cuaca. Namun apabila kulit kering pada tumit kaki anda dibarengi dengan kehilangan dan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, dan juga anda merasakan tangan mati rasa serta pandangan menjadi kabur, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mengkonfirmasikan kecurigaan tersebut.

2. Ibu Jari / Jempol Kaki Botak

Wajarnya ibu jari pada kaki manusia memiliki sedikit rambut. Rambut pada ibu jari pria biasanya lebih tebal dan banyak dibandingkan pada ibu jari perempuan.

Jika anda melihat rambut pada ibu jari rontok atau bahkan botak sama sekali, hal ini bisa menandakan bahwa aliran darah tidak lancar. Salah satu penyebab kurangnya aliran darah pada jari-jari kaki adalah penyakit arteri perifer atau peripheral artery disease (PAD).

Berhati-hatilah apabila PAD tidak segera diobati akan bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke, untuk itu penting segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan kepastian sebelum terlambat.

Anda bisa mencegah penyakit peripheral artery disease (PAD) dengan membiasakan diri pola hidup sehat denga menghindari rokok dan makan dengan gizi yang seimbang disertai dengan olahraga yang teratur.

3. Kaki Mati Rasa

Sama halnya dengan kebotakan pada ibu jari, mati rasa pada kaki juga bisa disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah yang merupakan salah satu gejala penyakit peripheral artery disease (PAD). Mungkin anda akan mengalami mati rasa apabila dalam kondisi duduk yang terlalu lama, tetapi apabila anda mengalami mati rasa pada saat kondisi sedang aktif  dan terjadi secara teratur sebaiknya hal ini tidak anda abaikan.

Mati rasa pada kaki juga bisa merupakan gejala neuropati perifer yang terkait dengan diabetes tipe-2. Karena diabetes bisa mempersulit aliran darah ke kaki, apabila ada luka sulit untuk sembuh hingga bisa menyebabkan infeksi.

Apabila anda sering mengalami mati rasa pada kaki dan apabi ada luka pada kaki yang tidak kunjung sembuh, periksalah ke dokter segera mungkin dan cek kadar gula dalam darah untuk mencari kemungkinan adanya diabetes tipe-2.

4. Adanya Flek Hitam dibawah Kuku Kaki

Apabila jari anda tertimpa benda berat lalu muncul flek hitam dibawah kuku kaki, hal ini merupakan hal yang wajar. Tetapi apabila ada flek atau garis hitam dibawah kuku kaki dan anda tidak tahu apa penyebabnya sebaiknya anda patut curiga pada kemungkinan kanker kulit melanoma.

Gejala ini sering kali diabaikan sebagai penyebab kanker sehingga penganannya sering kali sulit diatasi. Apabila anda menemukan sesuatu yang mencurigakan sebaiknya langsung mengkonsultasikan ke dokter, dan apabila bener terdeteksi sebagai kanker melanoma maka kemungkinan untuk sembuh semakakin besar karena sudah terdeteksi sejak dini.Flek hitam dibawah kuku kai juga bisa disebabkan oleh jamur.

5. Nyeri Pada Kaki Pada Waktu Pagi Hari

Saat anda bangun tidur pada pagi hari dan merasakan nyeri seperti terbakan atau linu hal ini bisa menunjukkan sejumlah potensi masalah.

Pertama bia jadi hal itu disebabkan oleh gejala rheumatoid arthritis (RA), yang menyebabkan persendian kaki terasa senut-senut. Rheumatoid arthritis (RA) bisa anda kontrol dengan meminum obat dari dokter dan olahraga secara teratur.

Hal lainnya nyeri pada kaki saat bangun pagi juga bisa disebabkan oleh kram otot, karena ketika tidur pada posisi yang menekan otot kaki dalam jangka waktu yang lama. Kram juga bisa disebabkan oleh kurangnya kalsium, potasium dan magnesium. Sebaiknya diperhatikan pola makan anda dan minumlah air putih yang cukup.

Demikianlah cara cek kesehatan tubuh kita dengan cara melihat keadaan kondisi kaki kita, semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian untuk mendeteksi penyakit lebih dini agar penanganannya cepat dan tidak terlambat.

Posting Komentar