Cara Penanaman Tanaman Tabulampot

"Silahkan kunjungi postingan Cara Penanaman Tanaman Tabulampot untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

2 min read

Budidaya tabulampot saat ini sudah menjadi pilihan sebagian besar orang. Hal ini disebabkan oleh bersarnya peluang untuk sukses dengan bisnis tabulampot. Bagaimana memulai tabulampot? Cara berbisnis tabulampot yang paling awal adalah dengan menanam bibit yang telah dipesan atau membuat bibit sendiri.


Cara Penanaman Tanaman Tabulampot

cara mengembangkan budidaya tanaman buah dalam pot tabulampot

Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot

Cara penanaman tanaman dalam pot memang membutuhkan teknik dan pengetahuan. Pengetahuan tentang tabulampot dapat diperoleh dari usaha langsung dilapangan melalui praktek langsung, juga dapat melalui kegiatan membaca di internet, maupun bergabung dengan komunitas pecinta tabulampot yang ada di grup-grup facebook.

Pada dasarnya, penenaman tanaman tabulampot sama saja dengan penanaman tanaman di tanah, namun membutuhkan sedikit teknik yang berbeda karena wadah dan media tanam yang digunakan juga berbeda. Hal ini agar tanaman tabulampot dapat bertumbuh dengan baik dan tahan lama. Berikut cara penanaman tanaman tabulampot yang dapat anda coba di rumah anda sendiri.

1. Menyediakan Pot Sebagai Media Tanam

Sebelum mengisi tanah ke dalam pot, pastikan untuk meletakkan gabus (yang biasa digunakan untuk melapisi barang elektronik dalam kemasan/karton saat baru dibeli) di dasar pot. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara dalam pot dan proses mengalirnya air tetap lancar. Selain itu, pada pot yang terbuat dari plastik gabus berfungsi untuk menahan laju akar dalam menembus pot agar tidak cepat pecah.

2. Memasukkan Tanah Ke Dalam Pot

Setelah pot tersedia, proses selanjutnya adalah memasukkan tanah ke dalam pot. Tanah yang dimasukkan sebaiknya memiliki kandungan pupuk kandang agar nutrisi tanaman dalam pot tetap terjaga. Tentu saja, pemupukan tanaman dalam pot harus benar-benar diperhatikan karena unsur hara dalam tanah akan cepat habis oleh tanaman tabulampot dan tidak ada cara lain untuk menyerap unsur hara dari tanah selain dari tanah di dalam pot tersebut.

3. Proses Penananam

Sebelumna agar proses penanam lebih menyenangkan maka anda bisa menyiapkan bibit dalam koker atau polybag sebelum dipindahkan ke dalam pot.

Pada tahap ini, anda dapat memilih metode penanaman yang anda inginkan. Jika wadah yang anda gunakan sebagai media tanam tabulampot adalah plastik maka tanaman yang cocok adalah tanaman tanpa akar tunggang. Tanaman tanpa akar tunggang dapat diperoleh dari teknik perkembangbiakan tanaman dengan cara dicangkok.

Sebaliknya jika media tanam anda adalah pot dari semen atau tempok yang tahan lama maka dapat menggunakan cara perkembangbiakan generatif dengan cara menanam biji langsung. Biji yang ditanam langsung tersebut dapat disambung pucuk atau okulasi saat sudah siap.

Sedikit tips agar sukses di dunia pertanian tabulampot adalah dengan menanam jenis tanaman yang lebih cepat berbuah.

Sampai disini, anda sudah dapat menanam dalam tanaman tabulampot. Setelah itu, anda tinggal belajar cara perawatan tabulampot dan teknik pengembangan usaha dan bisnis tabulampot.

Sebagai tahap awal, anda dapat menanam tanaman seperti jeruk nipis, cabai, dan sebagainya yang lebih mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus dalam teknik perkembangbiakan tanaman secara vegetatif yang akan banyak diterapkan dalam usaha perkembangan tabulampot.

Demikianlah tulisan tentang cara penanaman tanaman tabulampot untuk pemula, Pada tulisan berikutnya kita akan belajar cara merawat tanaman tabulampot sehingga dapat berkembang dan berbuah sehingga cocok untuk bisnis dan usaha. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar