Cara Mencari Dan Mengiringi Lagu Dengan Melodi Gitar

"Silahkan kunjungi postingan Cara Mencari Dan Mengiringi Lagu Dengan Melodi Gitar untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

4 min read
Bagaimana cara mencari melodi gitar dan mengiringi lagu dengan melodi gitar? Pertanyaan tersebut sering sekali diajukan oleh pemula yang baru belajar bermain melodi gitar.

Cara mencari melodi lagu dengan gitar
Cara mencari melodi lagu dengan gitar

Tahu bermain gitar dengan melodi gitar menandakan bahwa seorang gitaris telah naik selevel dari tingkatan dasar untuk pemula. Dan memang bermain melodi gitar memang bisa dikatakan lebih sulit. Tapi untuk yang mau belajar, pasti dapat menguasai gitar melodi dengan cepat, bahkan dalam waktu 3 bulan saja. Itu paling lama.

Hari ini, saya akan membahas tuntas tentang melodi gitar. Mulai dari cara mengiringi lagu dengan melodi gitar sampai pada tips mencari melodi suatu lagu dengan feeling. Entah itu keyboard, piano, atau gitar, kunci utama agar bisa lancar melodi suatu lagu adalah kemampuan solmisasi (Solfegio).

Cara mencari melodi lagu dengan gitar
Cara mencari melodi lagu dengan gitar

Dan inti dari belajar melodi gitar atau pun alat musik lainnya adalah nada-nada do-re-mi-fa-sol-la-si-do'. Jika bermain dengan keyboard dan piano, menentukan nada-nada doremi tidak akan sesulit belajar melodi pada gitar yang susunannya bisa diacak.

Tapi saya yakin, yang sudah mengikuti tutorial belajar melodi gitar dasar pada blog ini sudah dapat mengetahui nada-nada doremi pada fret gitar. Bahkan lebih mudah dari keyboard.

Cara Mengiringi Lagu Dengan Melodi Gitar


Sebelum lanjut, ada syarat yang harus kamu penuhi. Yaitu sudah bisa tangga nada diatonik mayor dan mahir menggunakan bentuk melodi C. Kamu sudah harus bisa menerapkan nada-nada doremi pada fret gitar.

Pada tahap pemula, pasti akan sulit menggunakan feeling dalam mencari melodi gitar sendiri. Karena itu, saya akan berbagi cara mudahnya. Yaitu dengan membaca TAB gitar ataupun menonton video youtube. Lagi-lagi bukan dengan feeling ya?

Tujuan kita hanya satu! Dapat mengiringi minimal satu lagu dengan menggunakan gitar melodi.

Hal ini akan memberikan manfaat yang besar nantinya. Sama seperti saya, saya pun belajar dari membaca not dan menerapkannya pada fret gitar. Secara pelan-pelan, saya sudah bisa mencari melodi lagu sendiri dan memainkannya dengan gitar.

Langsung saja, ikuti cara mengiringi lagu dengan melodi gitar berikut ini.

Cari melodi suatu lagu


Seperti yang saya katakan di atas, pakai cara apapun dengan tujuan dapat mengiringi lagu dengan melodi gitar. Baik itu menonton tutorial youtube, membaca tab gitar, balok atau angka. Dan benar-benar ampuh dalam membentuk feeling seorang pemula.

Saya memilih menggunakan not angka. Hal ini karena saya lebih cepat menghafal nada-nada suatu lagu dengan melihat not angkanya. Jadi bisa sambil bernyanyi gitu deh.

Langsung praktek saja. Kita ambil satu lagu melodi gitar. Lagu pertama tersebut adalah lagu Gaby Tinggal Kenangan. Nada-nadanya cukup mudah dan berulang-ulang.

1    5     3 2
Pernah Ada
1   2   1    7
Rasa Cinta
5    6 7 1   5
Antara Kita
1   1  3     2    2  1  2
Kini Tinggal Kenangan
5  3    3   5 1 2     
Ingin Kulupakan
2   2     1    1      2  1  7       
Semua Tentang Dirimu
5    6     7     1   5
Namun Tak Lagi
7      1  3   2 2  1 1
Kan Seperti Dirimu
7    6     7    1
Oh Bintangku

Di atas adalah contoh not angka lagu Gaby Tinggal Kenangan. Cocok untuk belajar melodi gitar untuk pemula. Jika kamu sudah paham penggunaan melodi bentuk C, pasti kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan.

Langsung saja terapkan pada fret gitar mulai dari senar 1 sampai 3 dan pada fret 0 sampai fret 3. Mudah kok. Sebagai contoh, nada melodi pertamanya adalah 1 5 3 2. Maka pada fret gitar nada 1=do terletak di senar 2 fret 1. Nada 5=sol terletak di senar 1 fret 3 dan nada 3 terletak di senar 1 fret 0. Serta nada 2=re terletak di senar 2 fret 3. Itu jika kita menggunakan bentuk melodi C.

Hafal mati (di luar kepala) nada-nada melodi lagu Gaby Tinggal Kenangan di atas dan letak nada do re mi nya pada fret gitar. Fokus pada satu lagu tersebut dan latih agar kamu benar-benar bisa mengiringi lagu tersebut menggunakan melodi gitar.

Jika mau yang lebih menantang, coba belajar melodi gitar lagu Doraemon. Lumayan cepat dan cocok untuk berlatih mempercepat permainan gitar melodi. Tapi kamu sudah harus memiliki kecepatan bermain melodi yang baik jika ingin belajar lagu seperti Doraemon ini.

Tips Mencari Melodi Suatu Lagu


Mengulik melodi lagu dengan gitar sebenarnya mudah saja. Kita hanya perlu menggunakan scale diatonik mayor maka semua lagu bisa kita kulik melodinya. Berbeda jika ingin menciptakan lagu sendiri dan membuat melodi gitarnya. Pasti itu akan lebih sulit lagi. Jadi, jika hanya mencari melodi suatu lagu, bukanlah hal yang mustahi bagi seorang pemula.

Dan beginilah cara saya mencari melodi gitar suatu lagu dengan feeling.

1. Tentukan lagu yang akan dikulik


Pertama, ambil contoh lagu yang akan dikulik. Sesuaikan dengan tingkat kemampuan ya. Maksudnya, jangan langsung lompat belajar ke lagu-lagu yang cepat padahal lagu mudah dan slow aja masih sulit dan kaku saat berpindah.

2. Cari nada pertama


Semuanya berawal dari nada pertama. Cari melodi pertama dan coba ikut terus scale nada dasar yang digunakan. Misalnya nada pertamanya dimulai dari 1=do. Nada selanjutnya kalau bukan 1 kembali pasti 2 atau 3 atau 4, 5, 6, dan 7. Cari satu per satu. Jika sudah terbiasa pasti langsung bisa menentukan melodi lagu selanjutnya.

Jika kamu sudah tahu melodi bentuk C, pasti ini tidak akan sulit. Kamu bisa terus mencoba dan mencoba mencari nada yang tepat dari lagu tersebut pada fret gitar.

3. Ketahui kapan perpindahannya


Dan tidak kalah penting adalah irama lagu tersebut. Jika tidak tahu iramanya dan berpindah nada secara tidak tepat maka pasti lagu yang kamu iringi dengan melodi gitar tidak akan jelas dan tidak akan diketahui oleh siapapun. Termasuk pencipta lagu itu sendiri jika iramanya tidak cocok. Meskipun nada doreminya sudah benar, ritme lagu tersebutlah yang akan menentukan benar tidaknya lagu tersebut dapat kamu iringi atau tidak.

Satu lagu yang kamu tahu akan membentuk feeling di kemudian hari sehingga lagu lainnya pun tidak akan sulit untuk ditentukan melody-nya.

Lanjut ke rumus melodi gitar akustik untuk pemula.

Demikianlah cara mencari melodi gitar serta cara mengiringi lagu dengan gitar melodi. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar