Cara Cepat Bisa Kunci Gitar Gantung Dalam 1 Hari

"Belajar Kunci Gantung Gitar dengan cepat dan praktis dalam 1 hari. Cara mudah belajar kunci balok gitar. Gambar Kunci Gantung Lengkap"

6 min read
Kunci gantung gitar kadang menjadi momok yang menakutkan bagi pemula. Sehingga muncullah pertanyaan, bisa tidak menjadi gitaris profesional tanpa belajar kunci gitar gantung. Padahal, dibalik kunci gantung gitar ada rahasia tersembunyi yang dapat meningkatkan skill permainan gitar.

kunci gitar gantung untuk pemula
Kunci Gitar Gantung

Apakah kamu setuju kalau saya katakan bahwa kunci gantung lebih mudah dari kunci dasar gitar? Setuju atau tidak, tapi itulah kenyataannya. Kunci gantung gitar atau biasa disebut kunci gitar balok merupakan kunci yang sangat mudah dipelajari. Mari kita buktikan!

Kunci Gantung Gitar


Ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak pemula yang memang sangat ketakutan menghadapi kunci gantung ini. Masalah utamanya karena takut melihat bentuknya yang aneh-aneh. Katanya susah lah bentuk chordnya. Tangan masih pada kaku.

Saya juga pernah mengalami hal yang sama. Saya sudah sering mengatakan ini, awal belajar gitar saya hampir putus asa karena bermasalah dengan kunci B dan kunci F, keduanya termasuk kunci gantung. Sulitnya membentuk kedua kunci ini memang terasa sangat sulit.

Namun sedikit latihan hal ini dapat diatasi. Intinya, jangan keraskan otak dan kepalamu. Lepaskan semua beban dan lemaskan tangan. Tipsnya, bentuk kunci gitar gantung tanpa berpikir.

Sekali lagi saya tekankan, kunci gantung gitar itu sederhana sekali. Dan mungkin kamu sudah bisa beberapa.

Cara Mudah Belajar Kunci Gantung Gitar


Tidak butuh waktu lama untuk menguasai kunci gitar gantung. Dasarnya hanya ada 2, yaitu senar bass nomor 5 dan senar bass nomor 6.

Kunci Gantung atau kunci balok saya sebut sebagai turunan dari kunci dasar. Karena kunci gantung gitar adalah kunci yang dibentuk dari kunci gitar dasar sehingga bentuk awal chord tidak berubah, tapi berpindah ke fret lainnya. Patokannya adalah senar bass.

Langsung contohnya aja. Kita berpatokan pada senar nomor 5 dengan kunci A. Sekarang coba perhatikan kunci B!

kunci gantung gitar F gambar
Kunci gantung gitar B dan kunci dasar A

Jadi, kunci A ketika digeser 2 fret akan menjadi chord B. Sekarang kita coba contoh berpatokan pada senar 6 kunci E. Sekarang coba perhatikan kunci F atau chord G gantung. Bukankah semuanya bentuknya sama dengan chord E?

kunci gantung gitar
Kunci gantung F dan kunci dasar E

Kenapa bisa seperti itu? Kita akan membahasnya dalam tutorial belajar gitar selanjutnya. Di situ akan dibongkar tentang CAGED SYSTEM, yaitu rahasia menghafal semua chord gitar dengan mudah. Tapi tenang bro, untuk mengatasi rasa penasaran yang berlebih, saya akan bongkar sedikit rahasianya di sini.

Ini rahasianya Kunci Gitar Gantung Untuk Pemula. Tapi sebelumnya, habiskan baca ini dulu biar tidak bingung ketika belajar di sana.

Dengan gambar nada-nada pada setiap senarnya, seharusnya kamu sudah mengerti cara cepat menguasai kunci gantung gitar. Perhatikan gambar di bawah ini!

cara belajar kunci gantung gitar untuk pemula
Cara cepat belajar kunci gantung gitar

Sebenarnya, saat kamu membentuk chord A, maka bassnya ada di senar 5 fret 0. Dan ketika kamu membentuk chord B, maka bassnya ada pada senar 5 fret 2. Nada bass inilah yang menandakan nama kunci/chord tersebut.

Hal yang sama juga dialami oleh chord E, yaitu bassnya terletak di senar 6 fret 0. Jadi saat kita membentuk chord F, bassnya ada di senar 6 fret 1.

belajar cara menguasai kunci gantung gitar
Belajar kunci gantung gitar

Umumnya kedua chord inilah yang menjadi patokan dalam bermain gitar kunci gantung. Hal yang sama berlaku dengan kunci gantung gitar minor, pada chord Am dan Em.

Kamu masih bingung? Saya yakin ketika kamu sudah mengikuti tutorial belajar gitar di blog ini, kamu tidak akan terlalu bingung. Mengapa nada ke E dan F hanya satu fret sedangkan F ke G harus 2 fret.

Jawabannya sebenarnya suda ada di pertemuan sebelumnya tentang nada dasar - kunci utama mencari chord gitar.

Gambar Kunci Gitar Gantung Lengkap


Berikut beberapa gambar kunci gantung gitar lengkap dan komplit buat pemula yang ingin belajar.

gambar kunci gantung gitar lengkap
Gambar Kunci Gitar Gantung Bentuk E

Dari gambar di atas, kita dapat melihat perubahan posisi bass pada chord E. Bentuknya sebenarnya sama saja dengan chord E, bassnya aja yang beda. Makanya kita bisa melihat kunci gantung F, F#, G, G#, A, dan A#. Untuk kunci gantung minor, tinggal angkat jari tengah (Tidak perlu menekan fret) atau hilangkan yang nomor 2 pada gambar.

Kunci gantung atau kunci balok ini lebih sering diterapkan dalam permainan gitar reggae atau dangdut. Bukan hanya itu, untuk yang mau belajar fingerstyle gitar, wajib hukumnya mengenal kunci gantung lebih dalam. Karena akan memudahkan gitaris dalam berimprovisasi.


Tips  Belajar Kunci Gantung Gitar


Biar tangan tidak pegal-pegal, saya akan berikan beberapa tips cara menguasai kunci gantung dengan cepat.

1. Berlatih sungguh-sungguh


Ternyata kunci gantung itu memang sederhana dan mudah dibentuk. Awalnya akan sangat sulit membentuk chord balok. Tapi ketika latihan sungguh-sungguh, hanya butuh beberapa jam tangan sudah terbiasa membentuk kunci gantung dengan mudah. Usaha tidak akan mengkhianati hasil bro. Karena itu, teruslah berlatih gitar.

2. Rilekskan jari


Jari-jemari, terutama jari kelingking akan sulit dalam memencet fret gitar. Selain latihan tidak ada cara lainnya. Intinya, semakin banyak berlatih maka tangan akan rileks dan mudah membentuk kunci gantung.

3. Mengatasi kunci gantung tidak berbunyi


Jangan frustasi ketika kunci gantung belum berbunyi. Hal yang sama juga dialami oleh semua gitaris pemula. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menekan senar gitar dekat grip. Tidak perlu menekan fret secara keras, yang penting posisinya tepat maka pasti kunci akan menghasilkan bunyi nada yang benar.

Itulah cara cepat belajar kunci gitar gantung dalam 1 hari, yaitu cara membentuk kunci gantung untuk pemula. Tidak ada yang sulit ketika terus berlatih.
Posting Komentar