Belajar Kunci Melodi Gitar Dasar - Rumus Melodi Untuk Pemula

"Belajar kunci melodi gitar dasar, rumus melodi gitar untuk pemula, Jalur melodi dan cara menghafal nada do re mi pada fret gitar"

12 min read
Rumus Melodi Gitar Untuk Pemula - Kunci gitar melodi itu terletak di nada do re mi pada setiap fret gitar. Sangat simpel dan mudah dipelajari. Tapi saya lihat, masih banyak pemula yang bingung mengenai letak-letak melodi nada do re mi pada gitar. Mengapa? Karena mereka tidak tahu kunci melodi gitar itu sendiri.

belajar kunci dan rumus gitar melodi
Belajar kunci melodi gitar dasar untuk pemula

Seperti yang kita ketahui bahwa melodi adalah serangkaian nada-nada dalam suatu scale yang tersusun dan teratur.  Jadi, bisa dikatakan ada jalur dan pola melodi dalam suatu tangga nada atau scale sehingga dapat dijadikan sebagai patokan bermain melodi gitar.

Sebelumnya, kita telah belajar tentang melodi gitar akustik dasar untuk pemula. Di situ saya menjelaskan tentang dasar melodi gitar yang paling dasar, seperti scale diatonik mayor dan intervalnya.

Pastinya, di materi tersebut, kamu sudah tahu tentang letak-letak nada pada fret gitar. Tapi masih susah untuk menghafal letak-letaknya secara keseluruhan. Bahkan kamu akan sulit menemukan nada melodi yang selanjutnya karena kamu pikir lokasinya berjauhan. Padahal dekat jika menggunakan rumus melodi gitar.

Kunci Menghafal Rumus Melodi Gitar


Baiklah, tanpa basa-basi lagi, saya akan membahas tentang rumus melodi gitar khusus pemula. Ini pasti akan memudahkan kamu dalam bermain melodi gitar karena kamu akan mudah dan cepat mengetahui nada do re mi pada fret gitar tanpa berpikir.

Notasi penulisan not musik.

Not balok/huruf : C-D-E-F-G-A-B-C'
Not angka : 1-2-3-4-5-6-7-1'
Bunyi nada : do-re-mi-fa-sol-la-si-do'

Kunci Bentuk Melodi Gitar C


Yang pertama adalah rumus melodi gitar bentuk chord C. Kita akan bermain melodi gitar C ini dari senar 1 sampai 6 dan pada fret 0 sampai fret 3. Ini menandakan bahwa kita bermain di C=Do.

gambar bentuk melodi c untuk pemula
Gambar Bentuk Melodi C

Di atas adalah gambar not huruf bentuk melodi C. Dan di bawah adalah gambar notasi angka. Keduanya sama saja, tapi yang tahu banyak tentang solmisasi, lebih mudah menghafal dengan melihat not angkanya.

kunci melodi gitar bentuk melodi c
Gambar bentuk melodi C dalam not angka

Bunyi nada melodi C dari senar 1 fret 3 sampai senar 6 fret 0

Senar 1 : sol-fa-mi
Senar 2 : re-do-si
Senar 3 : la-sol
Senar 4 : fa-mi-re
Senar 5 : do-si-la
Senar 6 : sol-fa-mi

Agar mudah dihafal, coba sambil tekan pada fret gitar dan nyanyikan secara lengkap. Jika semuanya digabungkan, maka bunyinya seperti di bawah ini.

Sol-fa-mi-re-do-si-la-sol-fa-mi-re-do-si-la-sol-fa-mi

Untuk mengetes kamu benar-benar sudah hafal atau belum, coba hafal lagi mulai dari senar 6 fret 0 sampai senar 1 fret 3. Bunyinya terbalik.

Mi-fa-sol-la-si-do-re-mi-fa-sol-la-si-do-re-mi-fa-sol

Melodi bentuk C inilah yang menjadi dasar semua melodi scale diatonik mayor. Dengan bentuk C ini, kita sudah dapat mengiringi semua lagu dengan melodi gitar. Jadi, kamu bisa saja cukup menghafal bentuk melodi C ini, tanpa perlu lanjut ke bentuk melodi lainnya di bawah.

Tapi kalau ingin belajar bermain gitar melodi dengan cepat sampai 12 fret gitar atau semua fret gitar, kamu sebaiknya belajar juga bentuk melodi gitar A, G, dan F.

Kunci Bentuk Melodi Gitar A


Yang kedua adalah rumus melodi gitar bentuk chord A. Permainannya terletak di senar 1 sampai 6 fret 0 sampai fret 4. Digunakan ketika bermain melodi gitar dengan nada dasar A=do

Gambar bentuk melodi A dalam not huruf dan angka.

gambar kunci melodi gitar dasar bentuk melodi A
Gambar kunci melodi gitar bentuk A

belajar kunci melodi gitar untuk pemula rumus melodi A
Gambar kunci melodi gitar bentuk A dalam not angka

Bunyi melodi gitar bentuk A setiap senarnya.

Senar 1 : sol
Senar 2 : fa-mi-re
Senar 3 : do-si
Senar 4 : la-sol-fa
Senar 5 : mi-re-do
Senar 6 : si-la-sol

Jika digabungkan, kita dapat menyanyikannya dengan bunyi seperti berikut.

Sol-fa-mi-re-do-si-la-sol-fa-mi-re-do-si-la-sol

Balik lagi dari senar 6 sampai senar 1 agar lebih dihafal letak-letaknya di fret gitar.

Sol-la-si-do-re-mi-fa-sol-la-si-do-re-mi-fa-sol

Bolak-balik terus sampai benar-benar hafal letak nada-nada pada fret gitar.

Kunci Bentuk Melodi Gitar G


Rumus bentuk melodi G termasuk bentuk yang mudah dihafal pada fret gitar. Berikut gambar kunci gitar melodi bentuk G yang menandakan bahwa nada dasar G=do

Gambar bentuk melodi G pada setiap fret gitar dari senar 1 sampai 6.

rumus dan kunci melodi gitar G
Gambar melodi bentuk G

Bunyi nada pada setiap senar gitar mulai dari senar 1 fret 3 sampai senar 6 fret 3.

Senar 1 : do-si-la
Senar 2 : sol-fa-mi
Senar 3 : re-do
Senar 4 : si-la-sol
Senar 5 : fa-mi-re
Senar 6 : do

Kalau digabungkan semua, bunyinya seperti ini.

Do-si-la-sol-fa-mi-re-do-si-la-sol-fa-mi-re-do

Sekali lagi, untuk menghafalnya, silahkan sambil nyanyikan. Ulangi lagi mulai dari senar 6 fret 3 sampai senar 1 fret 3.

Do-re-mi-fa-sol-la-si-do-re-mi-fa-sol-la-si-do


Kunci Bentuk Melodi Gitar F


Rumus ini juga hampir sama dengan kunci melodi C Ini dia gambar kunci melodi F untuk pemula. Kita menggunakan bentuk melodi F ketika bermain di nada dasar F=do.

rumus melodi gitar F untuk pemula
Rumus melodi gitar F

jalur melodi gitar dan rumus melodi F
Jalur melodi gitar F

Bunyi nada pada setiap senar gitar bentuk melodi F.dimulai dari senar 1 fret 1 sampai dengan senar 6 fret 1.

Senar 1 : do-si
Senar 2 : la-sol
Senar 3 : fa-mi-re
Senar 4 : do-si-la
Senar 5 : sol-fa-mi
Senar 6 : re-do

Mari kita nyanyikan dengan bunyi melodi sebagai berikut.

Do-si-la-sol-fa-mi-re-do-si-la-sol-fa-mi-re-do

Balik lagi dari senar 6 fret 1 sampai senar 1 fret 1 dengan lagu.

Do-re-mi-fa-sol-la-si-do-re-mi-fa-sol-la-si-do

Itulah keempat bentuk melodi, yaitu C, A, G, dan F. Ini merupakan langkah dasar yang harus ditempuh ketika mau menguasai melodi di semua fret gitar. Bisa dikatakan, itu adalah rumus melodi gitar dasar untuk pemula yang wajib!

Saya akan bahas caranya dalam tutorial melodi gitar lanjutan tentang bagaimana mengkombinasikan semua bentuk melodi di atas menjadi pengantar dalam bermain melodi gitar sampai 12 fret.

Tips Menghafal Kunci Bentuk Melodi Gitar


Berikut beberapa tips yang akan memudahkan kamu dalam menghafal semua bentuk melodi di atas. Saya menghafal semuanya dalam waktu latihan 1 Minggu. Hal ini didukung oleh kecepatan petikan dan pemahaman tentang nada dasar.

1. Hafal rumus interval tangga nada diatonik mayor scale, yaitu:

1-1-1/2-1-1-1-1/2

2. Pahami tentang nada khusus melodi, yaitu:

Nada 7-1 = B-C hanya 1 fret.
Nada 3-4 = E-F hanya 1 fret.

Selain itu, semua memiliki interval 1 yang artinya 2 fret gitar. Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari tentang interval tangga nada dalam nada dasar gitar.

3. Mulai dari bentuk melodi gitar C

Melodi gitar bentuk C adalah yang paling mudah dihafal. Dan dengan ini, kamu sudah bisa bermain melodi gitar mengiringi lagu, meskipun terbatas sampai fret 3 saja.

4. Hafal letak nada pada fret gitar

Tidak bisa tidak, kita harus menghafal letak nada-nada do re mi pada setiap fret dan senar gitar. Itu wajib. Caranya, dengan menghafal secara bolak balik, dari senar 1 ke 6 dan dari senar 6 ke senar 1.

Setelah terbiasa, kita tidak akan lagi mengetahui nada pada fret gitar namun kita tahu jalur melodi saat mengiringi lagu. Itulah kunci berimprovisasi gitar melodi.

Apakah bisa menguasai melodi gitar tanpa rumus di atas? 

Banyak yang berpendapat bahwa dalam bermain musik yang paling penting adalah feeling. Dan itu sama sekali benar. Tapi ketahuilah, belajar rumus gitar melodi di atas bisa menjadi jembatan bagi pemula untuk mengerti melodi gitar dengan cepat dan mudah. Tanpa jembatan akan sulit membentuk feeling.

Karena itu, semua kembali kepada kamu. Saran dari saya, kamu sebaiknya belajar rumus melodi gitar di atas. Karena sesungguhnya itu sangat mudah untuk dihapal. Dan semua gitaris sudah belajar tentang rumus dan scale tersebut.

Latihan gitar tidak hanya dalam waktu sehari dua hari. Butuh waktu sampai berminggu-minggu untuk bisa bermain melodi gitar dengan baik.

Demikianlah artikel tentang belajar kunci melodi gitar dasar dengan rumus melodi gitar untuk pemula. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar