Cara Membuat Coklat Dari Biji Kakao di Rumah

"Cara Membuat Coklat Dari Biji Kakao di Rumah, Asli buah kakao. Cukup gunakan bahan dan alat sederhana ini..."

4 min read
Cara Membuat Coklat Dari Biji Kakao di Rumah - Pernah kepikiran cara membuat coklat dari biji kakao? Atau mungkin kamu belum tahu buah coklat itu seperti apa? Sulit tuh, kalau mau mengolah buah coklat menjadi kakao jika buahnya aja belum kamu ketahui.

cara membuat coklat dari biji kakao asli di rumah
Cara mengolah kakao menjadi coklat

Sekedar info aja nih, jangan dicoba, rasa dari biji kakao mentah itu sangat pahit lho. Saya tidak memakannya, hanya mencicipi tapi tidak menelan. Untuk kuliat luarnya lumayan manis tapi isinya yang berwarna ungu sangat pahit.

Sebenarnya membuat coklat itu cukup sulit. Dan hanya bisa dikembangkan secara luas dan sukses oleh perusahaan-perusahaan besar. Tapi jangan salah, dengan cara sederhana dan bahan seadanya, kita juga bisa membuat coklat sendiri dari biji kakao asli.

Cara Membuat Coklat Dari Biji Kakao di Rumah


gambar buah kakao asli
Gambar buah kakao asli - pixabay

Coklat yang kita makan hari ini sudah melalui  beberapa tahap pengolahan, mulai dari petani sampai pabrik. Dan hari ini, kita akan belajar membuat coklat dari biji kakao di rumah. Banyaknya biji kakao di sekitar tempat rumah, membuat saya tertarik untuk mencoba mengolah biji kakao mentah menjadi coklat yang manis.

Perlu diperhatikan bahwa langkah-langkah ini hanya menjelaskan cara membuat coklat rumahan dari kakao asli yang telah kering dan mengalami proses fermentasi.

Bahan


Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat coklat dari biji kakao? Ternyata selain biji kakao asli, kita harus mencampurnya dengan beberapa bahan agar menghasilkan rasa coklat yang lebih nikmat. Untuk alat, ada diproses pengolahannya.

1. Biji Kakao 1 kg (Menghasilkan cocoa mass atau cocoa liquor yang terdiri dari cocoa butter dan cocoa powder)
2. Gula pasir 300 gram
3. Susu bubuk 1 kg

Langkah-langkah


Berikut langkah-langkah mengolah biji kakao yang telah kering menjadi coklat dengan bahan sederhana. Memang ada mesin khusus tapi harganya cukup mahal. Ini hanya sebagai pelajaran aja ya.

1. Roasting (Menyanggrai biji kakao dengan oven listrik)


- Biji kakao yang telah disortir dari petani akan dibersihkan terlebih dahulu dari setiap kotoran seperti pasir dan sebagainya.
- Tempatkan biji kakao di nampan panggang dan siap dimasukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu sekitar 130°C. Penyanggraian dilakukan selama 20 menit dari suhu tinggi ke suhu rendah sampai 120°C dengan syarat kulit kakao tidak gosong.
- Biji yang telah disangrai didinginkan terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan proses pemisahan kulit ari biji kakao untuk menghasilkan kakao nib (biji kakao yang telah dipisahkan dengan kulit ari biji kakao). Pada dasarnya, biji kakao yang telah disangrai telah mulai terlepas dari kulit ari dengan sendirinya.

2. Grinding ( Menggiling kakao nib dengan blender)


- Kakao nib yang telah didapatkan dari proses penyanggraian dan pelepasan kulit ari harus digiling terlebih dahulu.
- Masukkan kakao nib ke dalam blender dan giling sampai halus.
- Hasil gilingan kakao nib berupa pasta coklat yang merupakan cocoa liquor yang terdiri dari cocoa butter dan cocoa powder.

3. Pencampuran bahan (Mencampur bahan utama menggunakan mixer)


- Cocoa liquor, gula pasir dan susu bubuk dicampur dan diaduk menggunakan mixer.
- Proses selanjutnya adalah refining (pelembutan) dan conching (penghalusan). Refining bertujuan untuk mengurangi ukuran bobot coklat dan kristal gula sedangkan conching memengaruhi rasa, aroma dan tekstur coklat.
- Proses refining dan conching ini dilakukan selama kurang lebih 12 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal menggunakan mixer. Proses ini dilakukan secara terus menerus dengan kecepatan rendah dan tetap.

4. Tempering (Menggunakan microwave)


- Proses tempering adalah proses penaikan dan penurunan suhu pada saat pelelehan coklat. Pastikan mengaduk adonan selama proses tempering coklat tidak menimbulkan gelembung.
- Tempering di awali dengan memanaskan coklat secara bertahap dari suhu 33°C menjadi suhu 48°C selama 10 menit menggunakan microwave.
- Dinginkan coklat kembali sampai pada suhu 33°C dan secara bertahap sampai menyentuh suhu 26°C kemudian kembali lagi ke suhu awal 33°C.

5. Molding (Pencetakan)


- Setelah serangkaian proses pembuatan coklat di atas, saatnya untuk menuangkan adonan ke dalam cetakan coklat.
- Coklat dituang ke dalam cetakan pada saat suhu coklat masih 32°C.
- Simpan di dalam lemari pendingin sampai coklat mengeras
- Coklat dilepaskan dari cetakan dan siap untuk dikemas.

cara mengolah biji kakao asli menjadi coklat
Cara mengolah biji kakao menjadi coklat batangan - pixabay

Jika bisa mengolah biji kakao asli seperti gambar coklat batangan di atas, cocok juga tuh dijadikan bisnis rumahan. Tapi pastikan bahwa hasil coklat yang dibuat layak untuk dikomsumsi.

Saya pernah mencoba dengan adik saya di rumah, dan hasilnya gak enak, bikin mau muntah. Hal ini disebabkan oleh gosongnya biji kakao saat disangrai. Karena itu, yang paling penting dalam membuat coklat sendiri adalah proses penyanraian, jangan sampai gosong.

Lihat juga cara mengatasi adonan bolu kukus yang gagal

Itulah 5 Cara Membuat Coklat Dari Biji Kakao di Rumah. Semoga bermanfaat! Just for fun aja ya.
Posting Komentar