Cara Burning CD-R Berkali-kali Yang Sudah Terisi File

"Silahkan kunjungi postingan Cara Burning CD-R Berkali-kali Yang Sudah Terisi File untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

3 min read
Sejak dahulu burning CD-R atau DVD-R berulang kali adalah sesuatu yang tidak mungkin. Karena memang tipe R menandakan Read-Only. Namun belakangan terakhir, memburning CD-R maupun DVD-R secara berulang-ulang bukan lagi hal yang tidak mungkin.

cara memburning cd r yang sudah terisi berulang kali
Cara Burning CD-R Berkali-kali

Sebenarnya jika tidak mau repot sih, beli aja CD-RW atau DVD-RW karena memang disk tersebut berfungsi layaknya flashdisk. Saya sudah beberapa kali melakukan burning tapi banyak mengalami kegagalan. Karena itu, sebelum mencoba trik dan tips burning,  pastikan untuk menyalin file asli agar ketika burning gagal, file asli tetap aman.

Bagaimana cara burning CD-R agar bisa ditambahkan lagi? Sebelum memulai tutorial, burning berulang kali yang saya maksud hanya berfungsi agar CD-R atau DVD-R dapat ditambahkan file lagi pada ruang yang masih kosong. Untuk memformat, sepertinya mustahil.

Perbedaan CD-R, DVD-R dengan CD-RW, DVD-RW


Untuk perbedaan CD dan DVD hanya ada pada kapasistas penyimpanan di mana DVD ruangnya lebih besar. Yang kadang membuat bingung adalah tipe R dan RW dibelakang nama CD/DVD.
- CD atau DVD tipe R hanya dapat digunakan sebagai media penyimpanan data (Compact Disc Recordable) yang bersifat Read-Only.

- CD atau DVD tipe RW selain dapat digunakan sebagai media penyimpanan data, juga memiliki fasilitas untuk ditulis ulang seperti ditambah dan diedit, termasuk format CD yang sudah ada isinya (Compact Dis Rewriteable) karena bersifat Read-Write.

Cara Burning CD/DVD Menggunakan Software Nero


 Berikut cara burning CD/DVD berulang kali menggunakan aplikasi Nero Express.
  1. Buka Software Nero yang sudah diinstal di PC
  2. Masukkan CD/DVD yang akan diburning
  3. Pilih Data kemudian Make Data CD
  4. Import file dengan klik add data dan pilih file yang akan disimpan di CD. Klik Next untuk melanjutkan.
  5. Centang Allow file to be added later (Multisession disc)
  6. tips burning cd-r dan dvd-r berulang kali tanpa gagal
    Cara burning CD-R berulang kali dengan Nero Express Software
  7. Klik Burn dan tunggu hingga proses burning selesai.

Dengan cara di atas (Allow file to be added later), kita dapat membakar CD atau DVD tersebut, sesuai dengan ruang kosong pada disk.

Keterangan Burning CD Berulang Kali


Berikut syarat-syarat agar dapat memburning CD-R berulang kali.
  • Kita hanya dapat menambah data ke cd yang sudah di-burning jika membakar cd dengan cara seperti di atas. Intinya Allow File to be Added Later.
  • Burning berulang kali hanya berlaku jika CD tersebut digunakan sebagai media penyimpanan data, bukan sebagai media player.
  • CD-R yang sudah terisi dengan media player music dan video, termasuk Bootable tidak akan bisa dibakar ulang. Karena secara otomatis kita sudah tidak bisa memformat CD-R yang sudah ada isinya, seperti CD-R atau DVD-R hadiah dari susu atau pun lainnya.
Berbeda dengan CD-RW atau DVD-RW, kita dapat menghapus file di dalamnya secara langsung, bahkan tanpa software pun bisa. Inti dari tutorial burning CD-R berulang kali ini adalah membuat CD tipe R layaknya CD tipe RW.

Perlu diketahui bahwa CD dari pabrik, baik original maupun bajakan yang sudah tidak bisa ditulisi lagi. Bahkan untuk memformat CD tersebut juga tidak bisa.

Demikianlah cara burning CD-R dan DVD-R berkali-kali. Penting, sering melakukan burning pada CD yang sama dapat mempengaruhi kualitas CD tersebut, bahkan lebih parahnya, CD bisa sampai rusak dan tidak bisa digunakan lagi.
Posting Komentar