Ketika Harapan Tak Sesuai Kenyataan

"Ketika harapan tak sesuai kenyataan, Kata-kata keinginan tak sesuai harapan"

9 min read
Harapan tak sesuai kenyataan - Rick Warren, seorang pendeta sekaligus penulis buku BEST SELLER yang berjudul "Purpose Driven Life" dalam tulisannya: "Dulu saya pikir hidup itu seperti berada di antara gunung dan lembah. Ternyata saya salah. Hidup itu seperti rel kereta api." Saya juga dulu berpikir demikian. Tapi buku ini mengingatkan saya dan Anda bahwa dalam kesulitan selalu ada alasan untuk bersukacita. Begitu pun sebaliknya, dalam sukacita selalu ada yang harus diselesaikan. That's life.

Keinginan dan harapan yang tak sesuai dengan realita kehidupan bukanlah hal yang baru lagi. Terkadang hidup ini memiliki keinginan namun tidak berjalan sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Ada banyak hal yang membuat seseorang kecewa karena harapan mereka tidak sesuai dengan  kenyataan yang terjadi.

ketika harapan tidak sesuai keinginan
Ketika harapan tidak sesuai kenyataan - pixabay

Kenapa harapan tak sesuai kenyataan bisa terjadi? 

Seperti yang kita ketahui, manusia hidup dengan berbagai macam rencana dan tujuan. Hal itulah yang seringkali membuat harapan tak sesuai dengan kenyataan. So, semakin banyak harapan maka resiko kecewa juga akan semakin besar.

Kata-kata harapan tak sesuai kenyataan : "Selama sinar mentari masih eksis memancarkan sinarnya dari Timur ke Barat maka jangan pernah berhenti berharap, meskipun hari masih akan mendung selama beberapa pekan ke depan."

Kita semua, kamu dan juga saya memiliki harapan yang selalu menjadi dasar dan tujuan menjalani hidup. Karena harapanlah, saya di sini dan berada di tempat ini dan menjalani hidup. Karena harapanlah, semangat berjuang untuk mencapai target itu masih melekat dalam diri setiap kita.

Sekuat dan bagaimana pun perjuangan untuk mencapai hidup yang sesuai dengan keinginan, seringkali dan tidak bisa dipungkiri bahwa harapan kadang-kadang tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Lantas, apakah saya akan berhenti ketika harapan tidak berjalan sesuai dengan keinginan?

Dari kalimat sebelumnya, "kadang-kadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan" maka bisa dikatakan tidak ada alasan yang kuat untuk berhenti sekalipun hidup ini berat. Harapan yang tidak tercapai seringkali membuat seseorang berhenti untuk berusaha, bahkan berhenti menjalani hidup, lebih ekstrim lagi.

Kata-kata bijak harapan tak sesuai kenyataan : "Suatu kerugian bagi mereka yang ingin mengakhiri hidup karena jalan kehidupan yang berliku dan tidak rata! Harapan yang tak sesuai kenyataan itu adalah masalah umum yang biasa terjadi dalam kehidupan."

Fakta Harapan yang Tak Sesuai Kenyataan


Terkadang bahkan sering, harapan dan cita-cita kita tidak tercapai, terlebih jika harapan dan keinginan itu juga terlalu tinggi yang bahkan  bagi orang lain hal itu cukup mustahil untuk dicapai oleh seorang dewa sekali pun. Dan itulah kenyataan hidup, harapan tak sesuai dengan kenyataan. But, I think, nothing impossible.

Apapun yang terjadi, harapan dan keinginan yang tidak tercapai, ketahuilah bahwa hari ini hanya 24 jam dan akan segera berakhir, dan besok akan lebih baik. Kalau pun tidak, minggu depan atau bulan depan akan jauh lebih baik. Namun itulah hidup, hari ini mungkin kamu berjaya namun besok mungkin saja akan mengalami hambatan. Saat itulaha harapan dan kenyataan berjalan masing-masing.

Tidak perlu terlalu dipikirkan hiduplah sebagaimana yang kau inginkan selama tidak merugikan orang lain maka kehidupan akan lebih baik dan jauh dari kata mengeluh. Jika harapan dan cita-cita tidak sesuai dengan keinginan mungkin saja belum atau memang tidak sama sekali.

Karena itu, jangan terpaku dan mulailah berubah ke arah yang lebih baik. Jangan takut melepaskan sesuatu yang berharga untuk mendapatkan sesuatu yang jauh lebih berharga. Asal jangan pernah melepaskan harapan akan hari esok. 

Jika hari ini harapan tidak kenyataan dan tidak sesuai keinginan, sayalah yang harus berubah. Jika menunggu tidak bisa maka alternatif lain akan datang.

Namun dalam suatu usaha, hal yang paling penting dan terpenting adalah cara menjadi konsisten dan tidak mudah menyerah sekalipun jalan yang dilalui bagaikan mendaki bukit yang menjulang dan meruni lembah yang terjal. Harapan yang tidak tak sesuai keinginan seringkali diakibatkan oleh kurangnya ketekunan.

Ketika Harapan Tak Sesuai Kenyataan


Ada saat di mana kita harus hidup dalam kebimbangan dan jauh dari keyakinan. Tapi jangan sampai itu terjadi. Ada saat di mana tak seorang pun dapat membantu dan mata Sang Pencipta seakan tidak ingin memandang. Pikiran dan perasaan seperti itulah yang akan hadir dalam diri setiap manusia yang belum mampu bertahan saat harapan pergi meninggalkan hidupnya.

Ketika harapan pergi dan keinginan dalam hidup tidak sesuai realita maka perasaan negatif akan sangat mudah merasuki jiwa seseorang. Banyak manusia yang kehilangan harapan tidak dapat memandang hidup lagi. Mereka terjatuh dan terpuruk dan tidak ingin melakukan apapun untuk dapat bangkit kembali.

Tidak semua, hanya sebagian besar dari mereka yang seperti itu. Wajar bagi mereka yang kehilangan harapan untuk bersedih, menangis dan patah semangat. Namun sesuatu yang berlebihan tidaklah baik untuk kehidupan.

Ketika keinginan jauh dari kata kenyataan maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah membiarkannya untuk beberapa saat. Setelah semua usaha, kerja keras, dan pengorbanan yang dilakukan tidak sesuai dengan impian maka pastinya akan mengundang rasa kecewa dan lelah. Pada masa itu, dalam keadaan yang parah, kita sebaiknya tidak berusaha untuk melawan kekalahan pada saat itu juga.

Jangan Kehilangan Harapan Ketika Tak Sesuai Kenyataan


Satu hal yang sangat unik dari google yang saat ini telah menjadi salah satu informan dalam aktivitas  sehari-hari adalah ketika kamu melakukan pencarian dengan kata kunci "Kehilangan harapan", maka sebagian besar yang akan menghiasi halaman pertama browser adalah website atau blog yang berisi tentang "Jangan kehilangan harapan".

Hal itu menandakan dan menunjukkan bahwa kehilangan harapan adalah sebuah kesalahan yang sangat besar ketika harapan pergi. Google pun menyadari bahwa pentingnya untuk bertahan dalam pengharapan dan tidak pernah menyerah untuk mencapai semua impian, sekalipun kenyataan yang berjalan tidak sesuai dengan harapan.

Cara Bertahan dalam Pengharapan


Bagaimana untuk tidak kehilangan harapan terutama di masa sulit?

Satu-satunya cara untuk bertahan dalam pengharapan yang jauh dari kenyataan hidup adalah memiliki suatu pegangan. Pegangan tersebut harus murni dan real dapat menjadi pegangan yang kuat dalam menghadapi kehidupan, terutama saat harapan itu pergi dan seakan hilang ditelan bumi.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk dapat bertahan dalam berpengharapan. Ada yang mencari kata-kata kehilangan pengharapan di google,  mendengarkan motivasi dari para motivator seperti Mario Teguh. Ada yang berhasil namun tidak sedikit juga yang gagal menerapkan cara bertahan hidup ketika harapan tak sesuai kenyataan.

Kata Bijak Harapan : "Ketika sampai di puncak maka Anda akan melihat semua yang telah Anda lalui, perjuangan, air mata, dan emosi untuk mencapainya. Memang tidak mudah tapi kenyataan yang tak sesuai dengan harapan bukanlah alasan untku berhenti."

Cara Menghadapi Kehidupap Ketika Harapan tidak sesuai Kenyataan


Saat harapan kita tidak sesuai dengan kenyataan, saat itulah kita merasakan bahwa kemungkinan kita telah melakukan 2 kesalahan, yaitu berharap yang terlalu mustahil dan atau menaruh harapan kepada mereka yang tidak mampu mewujudkannya. Kesalahan kedua inilah yang menjadi salah satu penyebab utama dari hilangnya sebuah harapan, mempercayakan kehidupan kepada manusia.

Berikut beberapa tips dan cara sederhana yang bisa membuat kita menghadapi kenyataan hidup ketika harapan tidak sesuai dengan keinginan.

1. Mencari Kata-kata Bijak tentang Kenyataan


Kata bijak harapan tak sesuai kenyataan : "Not all desired to be achieved, but with confedence and hard work everything will change for the better." - Ways

Cara paling sederhana dan populer dilakukan oleh seseorang yang kehilangan harapan adalah mencari jawaban hidup melalui kata-kata bijak yang banyak bertebaran di google.com. Setidaknya cara sederhana ini dapat menjadi penenang sementara untuk menghadapi kenyataan hidup yang pahit karena jauh dari keinginan.

2. Berbagi Cerita


Ada kalanya seseorang yang kehilangan harapan selalu ingin mengungkapkan perasaannya. Meskipun tidak semua, ada juga yang tidak ingin mengungkapkannya dan lebih memilih menguburnya dalam hati dan pikirannya.

Padahal, membagikannya kepada dunia dengan cara dan jalan yang positif akan menjadikan beban hidup terasa lebih ringan. Berbagi cerita tentang masalah yang berat yang sedang singgah dalam kehidupan dapat menjadikan hidup lebih positif. Berbagi perasaan bukan berarti melakukannya dengan cara mengeluh.

Cara berbagi cerita saat harapan tidak sesuai kenyataan adalah sebisa mungkin menghindari kata-kata pengeluhan yang justru akan memunculkan kesan negatif kepada pendengar. Oleh sebab itu, ketika harapan tidak sesuai dengan keinginan, jangan terburu-buru untuk mengambil tindakan. Jangan membicarakan tentang buruk dan betapa menyedihkannya hidup kamu saat itu karena itu tidak akan memperbaiki keadaan dan perasaan.

Cobalah untuk mengambil dan memandang harapan yang tidak tercapai dari sudut pandang yang berbeda sehingga dapat menjadi pelajaran dan hikmah bukan hanya bagi kamu yang mengalami tapi juga bagi mereka yang mendengar ceritamu, bukan keluhanmu.

3. Carilah Mimpi Baru


Poin nomor 3 sebaiknya hanya dilakukan ketika harapan akan suatu mimpi yang tidak tercapai benar-benar tidak dapat diperbaiki (maksudnya pengharapan terhadap sesuatu hal yang tidak terjadi untuk kedua kalinya, misalnya ujian tes dan lain-lain dimana kesempatan yang kedua tidak terulang).

Mimpi yang baru bukan berarti tidak berhenti mengusahakan mimpi yang tidak tercapai namun juga berguna untuk mengembalikan harapan yang hilang. Mimpi baru bisa menjadi pengalih perhatian sehingga fokus terhadap masalah karena keinginan yang tidak tercapai dapat segera meninggalkan hidup.

Satu hal yang pasti, jangan pernah mengandalkan diri sendiri terlebih orang lain karena itu terlalu berat. Bersandarlah kepada Dia yang memberimu pengharapan dan keyakinan. Tetap semangat dan jangan pernah kehilangan harapan.

4. Menyalakan Lilin


Tidak perlu tergesa-gesa untuk membalikkan keadaan yang sedang kacau. Cukup dengan beberapa langkah maka harapan yang tidak tercapai tersebut dapat pulih secara perlahan. Caranya cukup mudah, menyalakan lilin di tengah kegelapan malam.

Saat lilin tersebut menyala dalam kegelapan maka tariklah suatu pelajaran bahwa cahaya sekecil apapun dapat mengalahkan kegelapan yang dahsyat. Masalah sebesar apapun yang mengancam harapan dapat diatasi dengan keyakinan dan tekad pantang menyerah.

5. Berhenti Menyiksa Diri Sendiri


Saat ini, keluarlah dari kamar kamu dan pandanglah alam sekitar dengan pandangan positif. Amati semua yang dapat diamati dan yang menarik untuk diamati dan lihatlah perubahan yang besar yang akan terjadi dalam kehidupanmu sekalipun sedang dalam masalah.

Jangan menyiksa diri sendiri dengan berdiam diri. Harapan yang tidak sesuai kenyataan tidak akan pergi begitu saja dengan mudah sekali pun waktu berlalu. Kita harus mengubah itu semua tanpa perlu menunggu waktu untuk mengubah kenyataan hidup yang sedang dialami.

"Jangan menghabiskan masa untuk menanti waktu bertindak dalam kehidupanmu. Kamulah yang harus bertindak untuk mengubah kenyataan yang tak sesuai harapan."

"Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri." - Amsal 3:5

Kenyataan tak sesuai harapan adalah hal yang akan dialami oleh semua orang yang mau berusaha. Mereka yang memiliki mimpi pasti akan mengalami hal-hal di mana keinginan tidak sesuai kenyataan, Dan mereka yang terus bermimpi tanpa rasa takut tidak akan pernah kehilangan harapan karena mereka percaya bahwa harapan sungguh ada sekalipun masa kelam sedang tiba.

Jangan pernah kehilangan harapan dan kurangi juga berharap kepada orang lain. Bertindaklah untuk mengubah harapan yang tak sesuai kenyataan dan percayalah, hidup ini indah dan akan jauh lebih baik sekalipun hari ini harapan tak sesuai dengan kenyataan dan keinginan kita.

Harapan tak sesuai kenyataan itu sudah biasa. Yang tidak biasa ketika Anda kehilangan harapan padahal selalu ada harapan. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar